Jakarta .- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag RI) selesai menggelar sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1438 H. Hasilnya diputuskan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada tanggal 1 September 2017. 

"Hari Rabu 23 Agustus adalah 1 Zulhijah 1438 H. Maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat 1 September 2017," ujar Sekjen Kemenag Nur Syam di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Nur Syam menyatakan setidaknya ada sepuluh petugas yang menyatakan telah melihat hilal. Dua orang dari MUI, 2 orang dari NU, dan ada pula dari tokoh umat Islam serta Kemenag.

"Semua meluhat hilal. Jadi dengan rukyat, hilal dipastikan ada," kata Nur.

Rangkaian sidang isbat diawali pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, terkait posisi hilal secara astronomis pada 29 Zulhijah 1438 H. Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. 


Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Dalam sidang ini hadir Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, para duta besar negara sahabat, dan perwakilan Majelis Ulama Indonesia.