PELITAKARAWANG.COM - Paska Rotasi, Mutasi dan Promosi 1.115 Kepala Sekolah Jumat (3/8) lalu, sejumlah Pengawas bersama tim Koorwilcambidik, siap-siap garap verifikasi para Kepala Sekolah yang akan berpindah tugas dan priodesasi pekan ini. 

Selain administrasi dan sarana prasarana, para kepala sekolah yang akan meninggalkan sekolahnya tersebut, diwanti-wanti untuk tidak meninggalkan hutang keuangan alias hutang.

Pengawas Koorwilcambidik Kecamatan Lemahabang, Hj Sopiah mengatakan, tim verifikasi yang melibatkan  PGRI, Penilik, Koorwilcambidik dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) akan garap semua Kepala SD yang terkena rotasi maupun Priodesasi dalam pekan ini. Baik aspek kelembagaan, sarana prasarana, dan keuangan semuanya akan di periksa, sehingga ketika peralihan tugas dari yang lama kepada yang baru ini tidak meninggalkan hutang. Khusus hutang sebut Sopiah, pihaknya akan melihat dulu apakah hutang tersebut adalah hutang sekolah, atau hutang pribadi, sehingga solusinya dibuatkan pernyataan komitmen bersama antara yang baru dan yang lama untuk mencari jalan keluarnya. " Sehari kita akan garap 5- 6 SD, semuanya dihadirkan agar sebelum Sertijab nanti tidak ada ganjalannya," Katanya .

Koorwilcambidik Kecamatan Lemahabang, AT Sukarsa mengatakan, kepala sekolah yang habis jabatan, maupun yang terkena rotasi dalam pelantikan kemarin, harus di verifikasi tim sebelum meninggalkan tugasnya.

Hal itu untuk melihat apakah program sekolah ada yang belum selesai atau sudah rampung, dan memang harusnya sudah diselesaikan, disamping itu sebutnya, tim verifikator nantinya, akan memotret keuangan sekolah. 

Apakah kepala SD ini memiliki hutang pribadi  atau hutang sekolah yang harus diselesaikan kewajibannya, termasuk juga sambung AT menggali informasi kaitan aset sekolah yang harus diperiksa, apakah ada barang atau benda milik sekolah yang rusak, hilang dan lainnya. 

Karena,mulai Hari Selasa dan Kamis ini, pihaknya akan  memverifikasinya, untuk kemudian digelar serah terima jabatan (Sertijab) yang dijadwalkan Jumat atau Sabtu ini. " Masa transisi ini jangan sampai ada masalah, semuanya harus buka-bukaan, jangan sampai ada peesoalan setelah verifikasi masij ada buntutnya," Pungkasnya.