PELITAKARAWANG.COM - Polda Jabar menekankan kepada jajaran Polisi lalu lintas (Polantas) untuk meningkatkan penindakan di jalan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Pasalnya sepanjang 2018 ini sebanyak 3.345 nyawa manusia melayang akibat laka lantas. 

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan berdasarkan data yang dihimpun hingga Kamis (27/12) kemarin, jumlah laka lantas kendaraan bermotor di Jabar mencapai 6.914 kejadian. 

"Yang meninggal dunia 3.345 orang di tahun 2018," ucap Agung dalam paparan akhir tahun di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (28/12/2018).



Agung menjelaskan jumlah tersebut terbilang menurun apabila dibandingkan dengan 2017. Pada tahun lalu, jumlah korban meninggal dunia mencapai 3.927 orang. 

"Tapi apabila dibandingkan, jumlahnya turun 582 orang yang meninggal dunia," ujarnya. 

Agung mengatakan jumlah laka lantas perlu ditekan. Oleh karena itu, pihaknya meminta ke jajaran Polantas agar lebih aktif melakukan penyuluhan dan penindakan pelanggar lalu lintas di jalan. 

"Penjagaan, pengamanan, engineering dan penindakan di jalan sehingga bisa kita turunkan lagi. Target kita 2025 yang laka fatal, yang meninggal dunia kita tekan (jumlahnya)," tutur Agung.


sumber : detik.com