PELITAKARAWANG.COM-.Guna mambantu memenuhi kebutuhan pokok mayarakat khususnya bagi keluarga kurang mampu,pemerintah provinsi Jabar melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan, melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) bersubsidi di sejumlah kota dan kabupaten.
Kepala Bidang Industri Akta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Sriwidayanti mengatakan, pada tahun ini anggaran yang disiapkan untuk OPM bersubsidi bagi keluarga kurang mampu sebesar Rp.20 miliar 
"Ada 6 jenis barang yang bisa diperoleh masyaraat kurang mampu dalam OPM Bersubsidi ini,diantaranya beras premium, minyak goreng,telur ayam, daging ayam dan gading sapi beku serta gula kristal," katanya.
Menurutnya,harga subsidi untuk beras premium setiap kilogram Rp.6.500,minyak goreng Rp.7.500,telur ayam negeri Rp.14.000 per kg, daging ayam ras Rp.18.500, gading sapi beku Rp.40.000 per kg serta gula kristal Rp.7.000.
"Total kalau masing-masing  keluarga kurang mamp menerima subsidi sebesar Rp.162.000, dan sampai saat ini kita telah melakukan OPM setengahnya dari 27 kota/ kabupaten," ucap Sriwidayanti.
Sriwidayanti menambahkan, dalam kurun 5 tahun terakhir anggaran untuk OPM meningkat cukup signifikan dari sebelumnya hanya Rp.2 miliar saat ini sudah mencapai 20 miliar.
"Setiap RTM bervariasi jumlah yang mengajukannya, misalnya untuk Kabupaten Bogor itu 10.000 RTM, dan penentuan subsidi ini berdasarkan hasil kajian dari lembaga pangan UNPAD," ujarnya. (yt).