PELITAKARAWANG.COM - Nadran laut serentak, di gelar di tujuh lokasi pesisir Karawang Pada Minggu (22/9). Masing-masing lokasi, dijatah anggaran Rp40 jutaan dari Pemkab Karawang. Meskipun demikian, pelaksanaan pesta laut di beberapa TPI, tetap berlangsung meriah, tanpa kecuali pusatnya di Desa Ciparagajaya, meskipun tanpa dihadiri Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana.

"Iya, kita dijatah Rp40 jutaan, tapi dari nelayan dan Pak Dewan Budianto itu sekitar Rp70 jutaan, Alhamdulillah walau tanpa di hadiri Ibu Bupati tahun ini, kegiatan tetap kita laksanakan sebaik mungkin, " Kata Manajer TPI yang juga Kades Ciparagejaya Kabun.

Kemeriahan Nadra Laut di KPPL Samudramulya
Ia menambahkan, Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Samudramulya, memang sedang kurang baik dengan persoalan internalnya, namun tidak pernah mengurangi kekhidmatan acara pestanya nelayan. Dengan anggaran seadanya itu, pihaknya tetap bisa menggelar Ruwat wayang kulit, membeli kerbau, menghias perahu kapalan hingga hiburan reog Ponorogo dan tournamen Voli dihari-hari sebelumnya. "Walaupun ada persoalan internal nelayan di Koperasi, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan pesta laut ini, " Katanya.

Senada dikatakan Manajer TPI Pasirputih Nurjaya, pihaknya mengakui mendapati anggaran dari Pemkab itu untuk penyelenggaraan pesta laut Rp47 jutaan, selebihnya untuk menutupi kekurangannya, menggunakan anggaran swadaya nelayan dan sponshorship. Tentu saja, ia menghaturkan terimakasih kepada Pemkab, juga para nelayan yang sudah terlibat dalam suksesi acara Nadran laut, khususnya di Pasirputih ini. "Iya, sekitar Rp47 jutaan, Alhamdulillah kegiatannya lancar, " Katanya.

Kabid Perikanan DKP Karawang, Durrahim mengatakan, tahun ini Pemkab alokasikan anggaran untuk memeriahkan HUT Karawang 386 di 7 TPI untuk selenggarakan Nadran laut. Ketujuhnya, antara lain, Pasirputih, Ciparagejaya, Cipucuk, Sungaibuntu, Pakisjaya, Sedari dan Cemarajaya. Alhamdulillah, meskipun di semua lokasi tidak ada yang dihadiri Bupati, tapi beberapa perwakilan OPD hadir di lokasi pesta laut tersebut. "Ada 7 TPI yang menyelenggarakan Nadran laut ini, " Ungkapnya. (Rdi)