PELITAKARAWANG.COM-.Kepala Pusat Data,Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Agus Wibowo, mengatakan awal musim hujan di Jawa akan jatuh pada akhir Oktober
mendatang.Hujan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (8/10) belum bisa disebut mengawali musim penghujan. 

"Iya belum (hujan pada Selasa malam)," ujar Agus ketika dikonfirmasi Republika, Rabu (9/10).

Dia mengungkapkan, secara umum, Pulau Jawa akan memulai musim hujan pada akhir Oktober. Kecuali, kata dia, jika ada anomali di daerah tertentu.

"Misalnya di Bogor, yang setiap bulan ada hujan turun.  Tentu kondisi di Bogor dan di Jakarta berbeda ya, " lanjut.

Prediksi ini menurut dia merujuk kepada pemaparan dari Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kemudian, awal musim hujan secara penuh diperkirakan terjadi pada awal hingga pertengahan November. 

Sementara itu, untuk wilayah Indonesia secara keseluruhan, BNPB menyebut musim hujan dimulai lebih dulu untuk daerah yang berlokasi di bagian utara."Yang daerah dengan wilayah jauh lebih utara mengalami musim hujan lebih dulu. Misalnya Sumatera Utara,Aceh,Kalimantan Barat sudah mulai hujan.Sementara untuk Jawa,Jambi Sumatera Selatan dan Lampung saat ini belum," tutur Agus. 

Untuk beberapa daerah di bagian Indonesia timur sebagian juga sudah merasakan hujan. Agus menambahkan daerah yang berada di bagian selatan Indonesia, misalnya NTB dan NTT akan mengalami musim hujan paling akhir.(rol)