PELITAKARAWANG.COM - Bawaslu direncanakan bakal memulai perekurutan pengawas kecamatan untuk Pilkada 2020 pada November 2019 dan leluncuran pengumuman seleksi disosialisasikan pada akhir Oktober ini.

"Panwascam (Pilkada 2020) segera kita bentuk, sehingga Desember kita sudah ada panwascam," ungkap Ketua Bawaslu Abhan dalam Foccus Group Discussion Pemetaan Permasalahan Hukum Perbawaslu Tentang Pengawasan Tahapan Pencalonan Pilkada 2020 di Jakarta, Selasa (15/10).

Dia menegaskan, panwascam dibentuk satu bulan sebelum terbentuknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan digelar pada Januari 2020. Pembentukan PPK ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020. "PPK dibentuk pada Januari 2020 maka kita akan bentuk panwascam satu bulan sebelum PPK terbentuk," kata Abhan.

Diisi lain, sambungnya, panwascam juga berperan untuk mengawasi tahapan penetapan jumlah dukungan perseorangan yang telah dimulai pada Oktober. (Rdi/Rls)