PELITAKARAWANG.COM-.Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai, secara umum pembangunan hunian tetap (huntap) untuk relokasi korban gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah, telah berjalan baik. 

Wapres meminta agar pembangunan huntap tersebut dapat segera diselesaikan, terlebih saat ini puluhan bangunan sudah memasuki tahap perampungan konstruksi dan menunjukkan kesiapan bangunan yang sudah mulai terlihat. “Segera dirampungkan agar bisa dinikmati masyarakat yang menjadi korban bencana di Palu,” kata Wapres Jusuf Kalla (JK) saat meninjau pembangunan huntap di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, dan Huntap Tondo, Perumahan Cinta Kasih yang dibangun oleh yayasan Buddha Tzu Chi di Tondo, Kecamatan Mantikulore, Senin (7/10). 

Kepala Satgas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah Kementerian PUPR, Ari  Setiadi Moerwanto, yang hadir dalam kunjungan tersebut mengatakan, bahwa kendala terbesar dalam rekonstruksi adalah masalah pembebasan lahan. 

Namun ia menargetkan tahun depan semuanya akan selesai. “Target tahun depan selesai Pak,” kata Ari menjawab Wapres. Sesuai rencana, sebanyak 831 unit huntap tipe 36 segera dibangun di atas lahan seluas 38,6 hektar yang khusus diperuntukkan bagi korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi yang terjadi 28 September 2018 silam. (red)