PELITAKARAWANG.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk delapan nama staf khusus. Juru Bicara Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan penunjukan tersebut merupakan prerogratif Ma'ruf Amin yang mempertimbangkan kenyamanan dan profesionalisme. 

"Pertimbangan pertama, saya kira karena ini semacam wilayah kewenangan wakil presiden. Tentu saja ini adalah bagaimana wakil presiden nyaman dengan orang-orang yang bersangkutan," kata Masduki di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).


"Ini kan semacam bagian politik kehakan yang dimiliki orang ketika masuk ke jenjang politik tertentu. Itu orang-orang yang nyaman, profesional di bidangnya untuk menangani persoalan," sambung Masduki.


Masduki mengatakan penunjukan tersebut tidak ada intervensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan Ma'ruf Amin mempunyai hak untuk memilih staf khusus.



"Presiden sepenuhnya memberikan kewenangan soal ini kepada wakil presiden, dan relatif cukup cepat. Begitu diajukan saya kira tidak lebih dari seminggu sudah SK turun," ucapnya.

Meski berbeda dengan Jokowi yang memilih staf khusus dari kalangan milenial, Masduki memastikan staf khusus yang ditunjuk merupakan orang yang kompeten. Dia memastikan Ma'ruf Amin memilih orang-orang yang tepat.

"Karena bapak presiden sudah merekut milenial, maka itu kan juga yang penting dari komponen kemasyarakatan lengkap. Dari berbagai lapisan sosial, milenial atau kolonial sama ya. Kalau kiai, generasi kolonial ya sama. Itu tidak mengurangi komptensi," jelasnya.

Berikut delapan nama staf khusus yang ditunjuk Ma'ruf Amin:


1.Masduki Baidlowi-Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi


2. Muhammad Imam Aziz-Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah

3. Satya Arinanto-Staf Khusus Wapres Bidang Hukum

4. Sukriansyah S Latief-Staf Khusus Wapres Bidang Infrastruktur dan Investasi

5. Robikin Emhas-Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga

6. Mohamad Nasir-Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi

7. Lukmanul Hakim-Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan

8.Masykur Abdillah-Staf Khusus Wapres Bidang Umum.



detikcom