Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kabar Terbaru

30 Persen Desa di Karawang Belum Bikin SPM

Redaksi
, December 30, 2019 WIB Last Updated 2019-12-30T07:32:40Z
PELITAKARAWANG.COM -  Dana Bagi Hasil (DBH) sudah di gulirkan ke desa-desa. Bahkan, Rp40 jutaan diantaranya sudah harus di realisasikan untuk pengadaan Standar Pelayanan Masyarakat (SPM) di kantor-kantor desa. Namun, 30 persen diantaranya, di sebut masih belum mewujudkannya. 

"Ya sebagian sudah ada SPM, dan banyak juga yang belum. Karena, DBH nya juga beberapa belum ada yang cair, "Kata Kasie Pemerintahan Desa Kecamatan Cilamaya Wetan, H Nurhasan kepada pelitakarawang.com, Senin (30/12).

Kabid Pemdes DPMPD Karawang, Eko Encep Komarudin mengatakan, rata-rata alokasi untuk pengadaan SPM ini varietif tergantung pemerintahan desa. Tapi harus logis dan realistis, sebab, tidak mungkin membangun SPM menganggarkan di DBH hanya Rp10 juta. Sebab, rata-rata, alokasinya diangks Rp40 jutaan. Desa, sebut Eko, wajib memiliki SPM sebagai bentuk sarana untuk melayani masyarakat di kantor desa lebih nyaman, sebagaimana edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).  Sejauh ini, sambung Eko, sudah 70 persen desa yang kantornya sudah memiliki SPM, sementara 30 persen diantaranya belum.  "Iya, baru 70 persen yang sudah memiliki SPM, itu harus sebagaimana edaran Kemendagri, "Ujarnya. 

Lebih jauh ia menambahkan, posting SPM terakhir itu pada Selasa besok (31/12), dan harus perhatikan APBDes 2020, karena selain mesti di anggarkan, behubung akhir tahun, maka harus di Silpa kan, atau di journalkan. "Gak mungkin juga SPM bisa dibangun 2 harian, jadi di APBDes nanti di Silpa kan, " Ujarnya. (Rud)
Komentar

Tampilkan

  • 30 Persen Desa di Karawang Belum Bikin SPM
  • 0

Terkini

avatar
Pelita Karawang Selamat Datang Di Situs Berita Pelita Karawang
Admin Assalamu'alaikum! Hello, Ada Yang Bisa Kami Bantu?
:
Chat WhatsApp