Notification

×


Iklan

Bupati Karawang Resmikan Rumah Tunggu Pasien Rujukan

Tuesday, December 31, 2019 | 13:03 WIB Last Updated 2019-12-31T06:03:34Z
PELITAKARAWANG.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang resmikan rumah tunggu pasien rujukan yang telah menjadi aset daerah, Senin (30/12/2019). Rumah yang beralamat di Jalan Tentram no. 27 Sukajadi Pasteur itu diperuntukkan bagi pendamping pasien ataupun masyarakat Karawang yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung baik rawat jalan, maupun rawat inap.

Diresmikan oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. Siska Gerfianti MH.Kes dan disaksikan oleh sejumlah kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Karawang. Tak hanya menyediakan fasilitas rumah tunggu bagi masyarakat Karawang yang berobat ke RSHS, Pemkab juga menyediakan satu unit mobil ambulance untuk transportasi pasien dan keluarga yang menunggu untuk PP Rumah Tunggu-RSHS.

Syaratnya mudah, hanya menunjukkan KTP, KK Karawang serta surat keterangan rawat inap atau kontrol dari RSHS Bandung. Bahkan, pasien maupun keluarga pendamping juga bakal mendapatkan makan gratis tiga kali sehari dengan gizi yang baik selama tinggal di rumah tunggu.

“Alhamdulillah akhirnya terlaksana juga keinginan Pemkab Karawang membantu masyarakat yang sedang berobat di RSHS. Di rumah tunggu pasien rujukan ini terdapat fasilitas 14 kamar, toilet bersih, fasilitas ruangan yang representatif dan nyaman, makan tiga kali sehari dan ada petugas yang berjaga, dan gratis,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr. Nurdin.

Berjarak kurang lebih satu kilometer dari RSHS, lanjut Nurdin, diharapkan dapat membantu warga Karawang yang kerap kesulitan mencari tempat tinggal sementara selama mendapatkan perawatan di RSHS Bandung.
Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan, rumah tunggu pasien rujukan ini menjadi salah satu upaya Pemkab Karawang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Bahkan, Bupati Cellica juga menargetkan akan menambah aset Pemkab Karawang untuk rumah tunggu pasien rujukan di Jakarta, khusus untuk pasien RSCM ataupun RS. Dharmais di tahun 2020 yang akan datang.

“Rumah ini mudah-mudahan bisa memberikan semangat sembuh bagi pasien-pasien yang sedang menjalankan pengobatan di RSHS,” harap Cellica.(isk)
×
Berita Terbaru Update