Tanah Timbul Muara Siap di Sertifikasi PTSL

Iklan Semua Halaman

Loading...

Tanah Timbul Muara Siap di Sertifikasi PTSL

Redaksi
Wednesday, December 18, 2019
PELITAKARAWANG.COM- Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor BPN/ATR Karawang siap menyasar bidang tanah desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Lemahabang dan Tempuran tahun 2020 mendatang. Program sertifikasi tanah gratis itu, akan dimanfaatkan pemerintah desa agar masyarakat yang bidang tanahnya belum bersertifikat, ikut serta di ukur dan memiliki fisik legalitasnya, termasuk tanah timbul di Muara Cilamaya melalui Surat Keterangan Desa (SKD).  


Kades Muara, Iyos Rosita mengatakan, tanah timbul dari informasi masyarakat pesisir, itu terjadi akresi setiap tahunnya dari 10 - 50 meter jadi daratan. Karena sudah berlangsung bertahun-tahun, ada yang sudah sertifikat dan ada yang belum, karena kepemilikannya di legalkan melalui Surat Keterangan Desa (SKD). Hanya saja, diakui Iyos, meskipun diharapkan sasaran PTSL ini bidang yang didaftarkan di arahkan agar sebanyak-banyaknya, tapi ia pastikan akan hati-hati dan selektif dalam proses registrasi, sebab, kalau ada kesalahan dan Miss administrasi bisa fatal dan repot. "SKD untuk tanah timbul ini sudah banyak sejak dulu, insya Allah yang belum sertifikat nanti di daftarkan di PTSL ini, "Katanya. 

Lebih jauh ia menambahkan, pihaknya akan mendata ulang kepemilikan lahan tanah timbul masyarakat jelang pelaksanaan PTSL ini, sebab SKD bukan saja di buat di masa pemerintahannya saja, tetapi juga di masa sebelumnya. Sejauh ini, kekhawatiran para kades sebenarnya adalah khawatir syarat kurang selektif, karenanya, butuh banyak konsultasi dan koordinasi lanjutan jelang pelaksanaan PTSL ini dengan BPN/ATR, baik soal lahan tanah timbul, pra syarat tanah aset desa dan masyarakat pada umumnya. "Kita akan petakan lagi dan perbanyak koordinasi dengan BPN/ATR terkait pra syarat tersebut, " Pungkasnya. (Rud)