Cegah Fitnah Suap Jabatan di Mutasi Rotasi Kepsek, Disdikpora Harus Gelar Konferensi Pers

Iklan Semua Halaman

Loading...

Cegah Fitnah Suap Jabatan di Mutasi Rotasi Kepsek, Disdikpora Harus Gelar Konferensi Pers

Redaksi
Tuesday, January 14, 2020
PELITAKARAWANG.COM - Pasca munculnya statement Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang di salah satu media massa yang menyebutkan Aroma Busuk Mutasi Rotasi Kepala Sekolah, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (Kepsek SD dan SMP), terus mendapat respon publik, dan melebar pada isu tentang adanya transaksional untuk mahar mutasi rotasi Kepsek.

Bahkan ada pihak yang dengan jelas menyebutkan Bidang tertentu di Disdikpora Karawang, hingga menyebutkan ciri – ciri fisik orangnya yang di duga sebagai orang dekat pejabat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang.
Pemerhati politik dan pemerintahan, yang juga pengurus Markas Cabang Laskar Merah Putih (Marcab LMP) Karawang, Andri Kurniawan ketika di minta statementnya perihal polemik mutasi ini, kepada awak media mengatakan dirinya juga sampai saat ini masih bertanya – tanya soal pernyataan Kabid SMP Disdikpora Karawang, yang mengatakan mutasi rotasi beraroma busuk, Sehingga menimbulkan asumsi lain di kalangan masyarakat, dan menjadi polemik berkepanjangan.
“Sampai ada pihak lain yang menduga adanya transaksional dalam proses mutasi rotasi di lingkungan Disdikpora Karawang untuk mempertahankan jabatan dan untuk mendapatkan jabatan tertentu.
Lebih parahnya lagi, pernyataan tersebut di sampaikan melalui media massa, dengan menyebutkan salah satu Bidang di Disdikpora Karawang, dan menyebutkan ciri – ciri fisik personalnya,”ungkap Andri.
Ditegaskan Andri walau pun menggunakan kata di duga. Tapi itu sudah mengarah, karena sangat jelas di sebutkan Bidangnya serta ciri – ciri fisik orangnya.
“Saya anggap ini persoalan serius yang harus dapat di buktikan. Karena kalau tidak bisa di buktikan, dapat berpotensi menjadi fitnah serta pencemaran nama baik secara personal dan kelembagaan Disdikpora Karawang.”,ujar Andri.
Dipaparkan Andri, alasan kenapa dirinya katakan mengarah ke personal, sekarang tinggal di cari saja orang yang memiliki ciri – ciri fisik pada Bidang yang di duga tersebut. Apa lagi orang yang di sebutkan ciri – ciri fisiknya itu sempat juga di konfirmasi oleh salah satu awak media melalui sambungan telepon, dan yang bersangkutan hanya menjawab dibukan siapa-siapa.
“Tidak benar, saya mah apa atuh,“ulas singkat Andri.
Artinya, Andri menduga dari rangkaian ungkapan tersebut sudah sangat jelas mengarah pada seseorang.
“Iya kalau benar apa yang menjadi kecurigaan tersebut, kalau tidak kan kasihan. Jika sampai tidak terbukti, secara psikologis dan nama baiknya di rugikan,”sambungan Andri.
Andri menyarankan sebaiknya Kabid SMP Disdikpora Karawang dapat menjelaskan secara spesifik dan gamblang soal aroma busuk mutasi rotasi itu, agar tidak menjadi asumsi liar, dan sebaiknya pihak Disdikpora menggelar konferensi pers agar semuanya terang benderang.
“Ayo buka saja apa yang di maksud aroma busuk mutasi rotasi. Jika memang ada buktinya, jika perlu biar terang benderang Disdikpora gelar konferensi pers saja, saya akan dukung, agar masalah ini tidak menjadi asumsi bola liar.
Sehingga berujung pada adanya dugaan ke salah seorang di Bidang Pendidikan Nonformal Informal yang menjadi makelar jabatan, setelah adanya statement Kabid SMP soal aroma busuk mutasi tersebut,”pungkasnya.(spy/rls)