Cuaca Ekstrem, Banyak Nelayan Karawang Putar Balik Melaut

Iklan Semua Halaman

Cuaca Ekstrem, Banyak Nelayan Karawang Putar Balik Melaut

Redaksi
Wednesday, January 8, 2020
PELITAKARAWANG.COM - Cuaca sepekan terakhir, masih kurang bersahabat bagi para nelayan melaut di pesisir Karawang. Banyak diantara mereka, memilih kembali masuk ke muara kegimbanh melanjutkan perjalanan melaut ke daerah penangkapan. 

Kata Polisi Khusus (Polsus) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Karawang, Wawan Setiawan, Cuaca laut dua hari terakhir kurang bersahabat. Para Nelayan lebih memilih kembali masuk ke muara ketimbang melanjutkan perjalanan ke daerah penangkapan. Itu, karena mempertimbangkan keselamatan pelayaran. Adapun beberapa nelayan yang memaksakan diri melaut, justru mendapatkan hasil kurang maksimal. "Ada yang memaksa melaut, juga hasil tangkapannya kurang maksimal, " Katanya. 

Wawan menambahkan, Gelombang laut memang masih aman sekira 1- 1,5 meter. Namun cuaca ekstrim, angin dan petir datang secara tiba tiba di tengah laut. Untuk itu, ia menghimbau masyarakat nelayan utamakan keselamatan saat melaut dengan membawa alat keselamatan pelayaran serta perhatikan cuaca, jangan dipaksakan apabila cuaca tidak memungkinkan. "Utamakan keselamatan saat melaut, minimal membawa alat keselamatan pelayaran, "Pungkasnya. (Rud)