Dorong Minat Wirausaha, Dosen UBSI Garap Workshop Akuntansi Dasar

Iklan Semua Halaman

Loading...

Dorong Minat Wirausaha, Dosen UBSI Garap Workshop Akuntansi Dasar

Redaksi
Monday, January 13, 2020
PELITAKARAWANG.COM - Siswa-Siswi  tingkat SMP masih menganggap tabu dengan mata pelajaran Akuntansi. Betapapun, akuntansi ini bidang ilmu yang tidak menjadi kurikulum wajib bagi siswa, tapi akuntansi merupakan disiplin ilmu yang tidak lepas dari kehidupam sehari-hari masyarakat. Dengan fenomena itu, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melalui dosen fakultas Teknologi Inforamsi prodi Sistem Informasi Akuntansi, gelar pelatihan akuntansi dasar pada anak yatim Yayasan Rumah Harapan yang di komandoi Dede Firmansyah Saepudin,M.Kom, Dosen aktif dan Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi dengan spesialisasi bidang Komputer.

Pelatihan ini, merupakan upaya peningkatan minat anak terhadap bidang ilmu akuntansi dan pengenalan aplikasi android mengenai pelaporan keuangan usaha menengah yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) kepada masyarakat luas, karenanya, UBSI berkerjasama dengan yayasan rumah harapan mengadakan workshop akuntansi dasar dalam tajuk pengabdian masyarakat. 

Muksin (42), pendamping anak yatim dari yayasan menyatakan pihaknya mengaku senang dan apresiatif terhadap kegiatan ini, bahkan ia berharap tidak hanya kali ini saja kegiatan ini di gelar, tetapi bisa berlanjut di lain waktu sebagai upaya penigkatan kualitas anak didik yatim, sehingga siap untuk menatap masa depan. "Saya sangat apresiatif atas kegiatan ini, sangat manfaat dan semoga bisa berkelanjutan,"Ungkapnya. 

Ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat, Suhardi menyatakan, selain sebagai bukti kepedulian para dosen universitas Binasarana Informatika fakultas teknologi Informasi, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk tanggungjawab dosen sebagai WNI yang sadar akan pentingnya pendidikan akuntansi pada anak-anak dengan harapan, semoga generasi muda Indonesia lebih siap untuk menyongsong masa depan sehingga minat menjadi wirausahanya tinggi. Kegiatan pengabdian yang bertemakan pelatihan akuntansi dasar dengan menggunakan aplikasi android ini, sambungnya, berlangsung selama dua hari, bertujuan menigkatkan kemampuan dasar akuntansi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, sehingga peserta yang didominasi dari anak-anak dapat tertarik dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak itu saja, dalam acara tersebut pula, panitia menyediakan dana santunan untuk peserta yang merupakan anak yatim dengan harapan bisa menajadi motivasi untuk lebih giat lagi dalam menuntut ilmu dan meningkatkan keahliannya sesuai dengan bakat masing masing dan keinginannya untuk mampu berwirausaha. "Dalam latihan dua hari ini, semoga anak-anak bisa tertarik dan mempraktekkan dalam giat sehari-hari, " Tutupnya. (Rud)