Puluhan Kepsek di Rawamerta Refleksi Paska PKKS

Iklan Semua Halaman

Loading...

Puluhan Kepsek di Rawamerta Refleksi Paska PKKS

Redaksi
Thursday, January 2, 2020
PELITAKARAWANG.COM  -  Belum ada penetapan dari Kadisdik perihal hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang di laksanakan Pengawas pembina tahun 2019. Para Kepsek SD Negeri di lingkungan Koorwilcambidik Kecamatan Rawamerta, melaksanakan refleksi bersama Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) Karawang di SDN Sukamerta 1, Kamis (2/1).

Ketua KKPS Karawang, Iyus Yusuf Ismail mengatakan, prakiraan rata-rata PKKS, mendapatkan predikat baik. Sebagai Indikatornya yaitu saat di laksanakan audit dokumen terhadap Kepsek yang rata-rata baik. Dokumen yang di maksud, dari mulai manajerial sampai kehadiran. Hal itu, bisa di buktikan oleh rekan-rekan Kepala Sekolah, terutama pada bab Manajerial  pelaksanaan penyusunan program dan evaluasi diri sekolah. Karena itu, Kepsek masih perlu bimbingan berdasarkan dokumen yang di audit penyusunan Program, sebab belum mengacu kepada permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar yang mengarahkan agar satuan pendidikan melakukan evaluasi Diri sekolah berdasarkan raport mutu dan  Indikator mutu 8 SNP yang sudah di tetapkan Kemendikbud. "Prakiraan rata-rata PKKS, mendapatkan predikat baik. Sebagai Indikatornya yaitu saat di laksanakan audit dokumen terhadap Kepsek yang rata-rata baik, "Katanya.
Iyus Yusuf Ismail
Ketua KKPS Kab.Karawang

Dengan melalui proses 5 siklus, sebut Iyus, seperti pemetaan mutu, perencanaan pelaksanaan mutu, pelaksanaan pemenuhan mutu, monitoring dan evaluasi serta penetapan strategi baru pemenuhan mutu. Itu semua, harus di jadikan dasar dalam merekomendasikan program-program sekolah 4 tahunan yang di sesuaikan dengan capaian mutu setiap Sub Indikator pada 8 SNP. "Itulah proses yang sesungguhnya dalam Pemenuhan Mutu 8 SNP, walau di deskripsikan secara umum dan sederhana, " Katanya.

Lebih jauh Iyus menambahkan, pihaknya dari KKPS sangat mengapresiasi kepada seluruh civitas akademik Korwilcambidik Rawamerta yang sudah mengundangnya dalam menindaklanjuti Hasil PKKS. Utamanya, kepada H Anang Sutarman Selaku Korwilcambidik Rawamerta, Para Pengawas Bina, K3S Rawamerta, PGRI Cabang Rawamerta Serta Seluruh Kepala Sekolah di Korwilcambidik Rawamerta. Mudah-mudahan, dengan kegiatan refleksi ini akan memotivasi rekam Kepsek dalam menjalankan tupoksinya, "Semoga akan berkinerja sesuai dengan yang di harapkan bersama," Pungkasnya. (Rud)