Santunan di Hajat Bumi Warga Lemahmukti

Iklan Semua Halaman

Loading...

Santunan di Hajat Bumi Warga Lemahmukti

Redaksi
Sunday, January 5, 2020
PELITAKARAWANG.COM- Tradisi babaritan atau hajat bumi, terus di lestarikan masyarakat Lemahabang jelang musim tanam. Setelah Desa Pulojaya, giliran Desa Lemahmukti yang menggelar kegiatan serupa, Jumat (3/1) kemarin. Hanya, saja suasana hajat bumi di Dusun Gebang Carang dan Babawangan tersebut, tidak saja di ruwat pagelaran wayang golek, tetapi juga topeng pendul dan santunan yatim piatu beserta jompo. 

Kades Lemahamukti, H Damung mengatakan, hajat bumi di selenggarakan sekaligus di dua tempat, selain di Gebang Carang dengan santunan yatim dan jompo, juga di gelar di Dusun Babawangan dengan hiburan topeng pendul pimpinan Haji Jalam. Ia apresiasi, bahwa menurut keterangan panitia, biaya hiburan benar-benar diperoleh dari sumbangsih masyarakat. Sementara, untuk acara santunan di keluarkan dari donatur, juga dari kantong pribadinya selaku Kades. "Untuk acara hiburan bisa saja panitia ganti dengan hiburan wayang golek atau lainnya sesuai keinginan masyarakat, tapi kalau untuk santunan akan kita usahakan setiap musimnya, " Katanya. 


Hajat bumi dan santunan, sambung Damung, merupakan bagian dari ungkapan syukur kepada Allah SWT atas limpahan hasil panen dan berharap berkah di musim tanam yang akan datang. Tradisi ini, harus selalu terorganisir dan di lestarikan setiap musim, karena menjadi wahana silaturahmi antar masyarakat tani dannuga pemerintah desa. "Inysa Allah, kita upayakan setiap musim di gelar hajat bumi semacam ini, " Pungkasnya. (Rud)