Notification

×


Iklan

Tanah Timbul Bisa Masuk Program PTSL, Ini Syaratnya !

Thursday, January 23, 2020 | 16:28 WIB Last Updated 2020-01-23T09:28:06Z
PELITAKARAWANG.COM - Program Pendaftaran Tanah Sistematis dan Lengkap (PTSL) untuk sertifikasi lahan, sedang gencar sosialisasinya di Kecamatan Lemahabang, Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan sepekan terakhir. Bidang-bidang tanah yang siap di daftarkan, harus memenuhi syarat dan bukti otentik, bukan saja tanah darat dan sawah, tetapi juga tanah timbul di pesisir laut yang menjadi daratan, bisa masuk dalam program kantor BPN/ATR Karawang ini.

Kepala Desa Muara Kecamatan Cilamaya Wetan, Iyos Rosita mengatakan, tanah timbul dari hasil sosialisasi, bisa di daftarkan masuk PTSL, yang terpenting di luar sepadan pantai, yaitu tanah dengan jatak 400 meter dari pasang air laut. Saat ini, di Muara sendiri, sebut Iyos, ada sekitar 300 perumahan berdiri diatas tanah timbul, tapi sebagian ada yang sudah bersertifikat dan sebagiannya ada juga yang belum. Maka, sambung Iyos, masyarakat yang hendak mendaftarkan lahannya dari tanah timbul itu, bisa masuk sekretariat PTSL dengan melampirkan SPPT, Photocopy KTP el dan Surat Keterangan Desa (SKD). "Yang lahan dengan jarak 400 meter dari pasang air laut, itu bisa masuk PTSL untuk di sertifikatkan, " Katanya. 

Iyos menambahkan, secara umum, bidang yang akan di daftarkan ke BPN dari program PTSL ini, sebutnya kuotanya sampai 1.650 bidang. Sementara jumlah tanah timbul yang hendak di daftarkan, belum ada data detailnya, karena baru selesai penyuluhannya dari BPN. "Bidang yang akan di daftarkan di Muara itu ada 1.650 bidang, termasuk yang tanah timbul itu, " Pungkasnya. 

Sementara itu, Kades Sukajaya Abdul Ghofur Astra mengatakan, tanah sepadan yang jaraknya 400 meter dari bibir pantai, kebetulan tidak ada di Pasirputih. Sehingga, semua tanah timbul masih sepadan pantai dan di larang jadi hak milik. "Untuk Sukajaya, tidak ada tanah timbul yang akan di daftarkan PTSL, karena masih sepadan pantai, " Pungkasnya. (Rud)
×
Berita Terbaru Update