Notification

×


Iklan

Terus Meluap, Banjir Sungai Cilamaya Meluas ke Jatisari dan Banyusari

Wednesday, January 01, 2020 | 17:21 WIB Last Updated 2020-01-01T10:21:55Z



PELITAKARAWANG.COM - Bendungan Barugbug di bedah, sungai Cilamaya terus Meluap sedari pagi. Akibatnya, desa-desa di tiga Kecamatan, yaitu Jatisari, Banyusari dan Cilamaya Wetan terdampak banjir Rabu pagi (1/1). Bahkan, selain terus meluas ke pemukiman dan sarana umum, debit air yang over load, juga ikut mengikis tanggul-tanggul di bantaran sungai Cilamaya. 

Yayan S Mulyana, warga Desa Cilamaya mengatakan, banjir luapan sungai Cilamaya sudah semakin banyak bergeser ke jalan raya Ondang-Kecepet. Bahkan, tanggul di Dusun Barahan yang sebagian sudah di benahi, nampaknya masih menjadi ancaman, mengingat debit air yang masih begitu tinggi. "Debit air begitu tinggi, tanggul di Barahan juga masih jadi ancaman luapan sungai Cilamaya ke pemukiman semakin meluas," Katanya.

Saeful, Warga Banyusari mengatakan, Banjir akibat luapan sungai Cilamaya terdampak di Desa Gempol Kolot dan Jayamukti. "Jumlah rumah cukup banyak dan masih dalam pendataan petugas, "Katanya.

Kepala Puskesmas Pacing Kecamatan Jatisari, Ucin Supriyadi mengatakan, laporan sementara Banjir di Kampung Karajan RT 03/01 sudah merendam 70 rumah dengan jumlah KK 81 atau 124 jiwa, begitupun di Dusun Jebug II RT 05, banjir akibat luapan sungai Cilamaya ini, sudah merendam 10 rumah dengan 10 orang jiwa. Belum lagi, di RT 03/05, banjir juga di rasakan 17 rumah dengan jumlah penduduk 32 jiwa. "Pihaknya melakukan pengobatan di pos kesehatan sementara 14 orang, di Desa sukamekar Kecamatan Jatisari, " Ujarnya.

Sejumlah Tim dari BPBD, Pol PP, Koramil dan Polsek, terus bersiaga di lokasi-lokasi banjir, alat evakuasi juga disiapkan seperti perahu karet untuk menyusuri masyarakat yang terjebak di sejumlah titik banjir dengan ketinggian 50 - 100 centimeter tersebut. Bahkan, beberapa aparat desa mulai membuat tanggul-tanggul manual di hilir Muara Cilamaya. (rud)



Desa Terdampak Banjir Sungai Cilamaya : 

Cilamaya Wetan 
Desa Tegalwaru
Desa Mekarmaya
Desa Muara 
Desa Cilamaya 

* Banyusari 
 Desa Gempol Kolot
 Desa Jayamukti

* Jatisari 
  Desa  Sukamekar
×
Berita Terbaru Update