Hati-hati Pakai WiFi Gratisan, Bisa Kuras Isi Rekening Bank

Iklan Semua Halaman

Loading...

Hati-hati Pakai WiFi Gratisan, Bisa Kuras Isi Rekening Bank

Redaksi
Friday, February 7, 2020

PELITAKARAWANG.COM - Publik sedang ramai membicarakan pembobolan rekening bank melalui pengambilalihan nomor ponsel atau SIM Card swap. Namun tahukah kamu bilang pembobolan rekening bank bisa juga terjadi dengan melalui Wireless Fidelity (WiFi) Gratisan?

Iya, WiFi Gratisan memang gampang diperoleh dan banyak disediakan tetapi bisa menimbulkan masalah karena bisa disusupi pelaku kejahatan hacker. Mereka bisa membaca kegiatan pengguna dan mengambilalih perangkat.

Cara yang sering digunakan hacker adalah dengan meniru nama jaringan WiFi publik yang sudah ada dan tanpa keamanan kata sandi (password). Biasanya penjahat menggunakan USB kecil yang memancarkan WiFi tiruan.

Begitu korban mengkoneksikan WiFi gratisan dengan ponsel atau laptop, hacker akan bisa mengambil data dari korban. Nah, yang berbahaya ketika pengguna memakai WiFi gratisan milik penjahat sedang bertransaksi perbankan, data dan passwordnya bisa dicuri dan diambil alih.

Hal ini pun mendapat perhatian dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dalam postingan twitternya, BSSN menghimbau agar masyarakat jangan mudah terpancing menggunakan Wifi publik gratis yang dirasa mencurigakan agar terhindar dari peretasan yang bahkan bisa berpotensi membobol rekening bank.


Lembaga pemerintah tersebut memberikan tips untuk masyarakat terhindar dari modus peretasan wifi gratis sebagai berikut;

*Perhatikan nama Wifi, kalau perlu tanyakan kepada pemilik tempat

*Tidak mengakses informasi sensitif, seperti bertransaksi online atau menggunakan akun perbankan

*aktifkan firewall atau antivirus.

(Cnbcindonesia)