PELITAKARAWANG.COM-.Sebanyak 93 rumah di Bogor rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 di wilayah Sukabumi. Rumah-rumah itu terletak di Desa Purwabakti di Kecamatan Pamijahan, kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak
 
"Itu laporan sementara dari warga. Tidak ada korban jiwa atau meninggal, hanya ada yang luka-luka karena tertimpa genteng dua orang," kata Sekretaris Desa Purwabakti Wahyu ketika dihubungi Media Indonesia, Selasa, 10 Maret 2020.

Ilustrasi/BMKG

Rinciannya, kata dia, 5 rumah rusak berat, 50 rumah rusak sedang dan 38 rusak ringan. Rumah-rumah itu tersebar di 6 RW dari 12 RW yang ada.
 
Saat ini, desa lumpuh. Perangkat menginstruksikan warga terdampak mengungsi dulu ke runah tetangga atau saudara.
 
"Sebagian sudah ada yang mengungsi ke rumah tetangga atau saudara. Kita masih melakukan pendataan dan baru besok kita bergerak untuk penanganan. Kami juga sudah melaporkan ke BPBD,"pungkas Wahyu.
 
Sementara itu, informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD), ada dua desa di Kecamatan Pamijahan yang terdampak.
 
"Laporan resmi yang masuk, desa yang terdampak gempa Sukabumi ada dua desa yakni Purwabakti dan Desa Pamijahan,"kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulanhgan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Muhammad Adam.***medcom