PELITAKARAWANG.COM-.Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai tahun ini akan memprioritaskan produksi beras premium, bahkan untuk penyaluran beras pada kegiatan operasi pasar atau program bantuan pemerintah akan menggunakan beras premium.
 Hasil gambar untuk Bulog Bakal Perbanyak Beras Kualitas Premium
Direktur Utama Bulog Budi Waseso memastikan mulai tahun ini hanya akan menyalurkan beras premium kepada masyarakat sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat. 
 
"Bulog tak ada lagi beras medium. Setelah sisa (beras medium) ini habis, beras kita premium semua," katanya di Bandung.
 
Selain dengan kualitas premium, Budi pun memastikan pihaknya akan menyalurkan beras yang usianya, bukan hasil penyimpanan di gudang. Menurut dia, semua hasil ini seiring dengan dilakukannya berbagai pembaharuan di BUMN tersebut. Menurut dia, selama ini pihaknya membeli beras medium dari pihak ketiga. 
 
"Ke depan Bulog punya mesin sendiri, kita kelola sendiri," katanya.
 
Dengan begitu, gabah yang diserap Bulog dari petani akan diolah sendiri oleh BUMN tersebut. "Tak lagi pihak ketiga. Pembeliannya (gabah) bisa lewat pihak ketiga. Tapi begitu kita gunakan, berasnya disetel dengan kualitas premium," katanya. 
 
Meski hanya akan menjual beras premium, menurutnya masyarakat tak perlu khawatir karena harga yang diterapkan akan sama. "Beras premium, tapi harga medium. Ini baru namanya Bulog berpihak ke rakyat. Kalau sekarang beras medium, kasihan rakyat dikasih beras yang jelek-jelek.  2020 ini mulai kita berubah," katanya.
 
Lebih lanjut dia katakan, pihaknya pun akan meningkatkan keberpihakan kepada petani melalui pembelian dengan harga yang layak.***ts