Kades Terpilih, Jangan Angkat dan Berhentikan Pegawai Desa "Sakarepmu", Ini Sebabnya !

Iklan Semua Halaman

Kades Terpilih, Jangan Angkat dan Berhentikan Pegawai Desa "Sakarepmu", Ini Sebabnya !

Redaksi
Monday, March 9, 2020
PELITAKARAWANG.COM-Ganti kades,peluang berganti pegawai desa juga sangat tinggi.Lebih dari itu,kerawanan perjokian untuk melanggar aturan, bisa terjadi di desa-desa. Mengantisipasi itu,Forum Sekdes Karawang,mewanti-wanti para kades terpilih agar selektif dan terapkan peraturan dalam mengangkat dan memberhentikan para perangkat desanya.

Kata ketua Forum Sekdes Karawang, Ono Rustono, undang- undang Nomor 6 tahun 2014 Pasal 51 ayat 1 huruf B dan Permendagri No 83 Tahun 2015 menerangkan secara rinci, bahwa syarat menjadi perangkat desa usia paling rendah 20 tahun paling tinggi 42 tahun dan berpendidikan serendah rendahnya SLTA sederajat. Syarat penjaringan dan penyaringan itu jadi syarat wajib. Artinya jelas, diatas 42 Tahun tidak boleh diangkat menjadi perangkat desa.Terkecuali dikukuhkan dalam artian yang bersangkutan diangkat saat sebelum aturan tersebut diundangkan. 

Kemudian,bagi perangkat desa yang telah genap usia 60 tahun maka kepala desa wajib memberhentikannya dengan hormat dari jabatannya,sebagaimana tercantum dalam pasal 53 ayat 2 undang undang Nomor 14 Tahun 2014. 

"Secara konsekuensi hukum,bagi Kepala Desa yang mengangkat perangkat desa tidak sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam aturan tersebut,artinya pengangkatannya batal demi hukum. Segala sesuatu yang menimbulkan kerugian negara akibat kebijakannya maka kepala desa harus bertanggung jawab,” Tandasnya.

Ono mengingatkan, kepada kepala desa yang terpilih agar mengangkat dan memberhentikan perangkat desa harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari. "Kita hanya mengingatkan, agar tidak jadi permasalahan hukum di kemudian hari, " Katanya.

Diketahui Nomor 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 dijelaskan, dalam pengangkatan perangkat desa harus melalui mekanisme penjaringan dan penyaringan. Syarat khusus yang diatur dalam Perbup tersebut diantaranya, pendidikan paling rendah SLTA/sederajat, tidak sebagai pengurus partai politik, usia paling rendah 20 tahun, paling tinggi 42 tahun pada saat pendaftaran, terdaftar sebagai penduduk di desa sebelum pendaftaran,tidak rangkap jabatan baik itu karyawan perusahaan,pegawai honorer,petugas pendamping kementerian,KPMD dan Direksi BUMDES. (Rdi)