Kiai Said: Nahdliyin Harus Teladani Mbah Hasyim Asy’Ari

Iklan Semua Halaman

Loading...

Kiai Said: Nahdliyin Harus Teladani Mbah Hasyim Asy’Ari

Redaksi
Sunday, March 15, 2020

PELITAKARAWANG.COM-.Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengajak warga NU selain meneladani Nabi Muhammad SAW, juga harus meneladani tokoh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari.   
Kiai Said: Nahdliyin Harus Teladani Mbah Hasyim Asy’Ari
"Kiai Hasyim Asy’ari seorang ulama yang mampu menerima konsep dari luar Islam dengan mengisi dengan konsep agama Islam dengan menggelorakan Hubbul wathan minal iman, mencintai dan menjaga tanah air salah satu cabang ya iman kepada Allah," ungkapnya.     

Kiai Said menyampaikan bahwa bagi warga NU semua komponen bangsa, baik warga muslim dan non muslim merupakan satu saudara. 

Ia menjelaskan bahwa musuh NU adalah mereka-mereka yang melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum,yang selalu mengedepankan permusuhan. “Amanah yang menempel pada manusia adalah insaniah atau kemanusiaan, bukan harta atau yang lainnya,” bebernya.  

 Ia mencontohkan apabila ada warga NU yang bertengkar dan lebih dari tiga hari, berarti mereka yang bertikai sedang beristirahat sebagi manusia, menanggalkan kemanusiaannya.    

"Karena jika kita mengemban amanat kemanusiaan kita akan menajadi insan yang penuh kasih sayang kepada sesama," tuturnya.  

Kontributor: Wasdiun