Kursi Sekjen Demokrat Menarik Ditunggu

Iklan Semua Halaman

Loading...

Kursi Sekjen Demokrat Menarik Ditunggu

Redaksi
Friday, March 13, 2020

PELITAKARAWANG.COM-.Kongres V Partai Demokrat dijadwalkan berlangsung pada 14-16 Maret 2020. Kursi ketua umum (ketum) Demokrat kemungkinan besar akan dijabat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Salah satu hal menarik yaitu posisi sekretaris jenderal (sekjen) Demokrat.

"Kalau ketum jelas potensinya AHY atau Ibas. Posisi sekjen yang mungkin menarik untuk ditunggu nantinya," kata pengamat politik Arif Nurul Imam kepada SP, Kamis (12/3/2020).


Menurut Arif, sekjen merupakan roda suatu organisasi, sedangkan ketum terkadang hanya simbol semata. Arif menyatakan Demokrat membutuhkan sekjen yang memahami teknis mengelola partai politik (parpol).


"Demokrat butuh operator politik. Baik lobi partai, administrasi partai maupun organisir kader. Biasanya yang mampu kayak begitu mantan aktivis. Ketum itu simbol saja," ujar Arif.


Arif menambahkan, sekjen partai juga harus dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan lintas kepentingan. Menurut Arif, peluang Hinca IP Pandjaitan tetap menjabat sekjen cukup besar, namun bukan tidak mungkin ada pergantian.


"Hinca bisa juga jadi sekjen lagi. Potensi itu ada. Mengganti orang tentu terlalu berisiko, karena mulai dari awal lagi," ucap Arif.


Sumber SP di lingkaran elite Demokrat menyebut ada beberapa sosok yang ideal menjadi sekjen.


"Ada Renanda Bachtar, Renville Antonio, Rachland Nashidik, dan Teuku Riefky Harsya. Hinca juga bisa," kata sumber tersebut.


Sementara itu, Wakil Ketum Demokrat Syarif Hasan menegaskan tidak akan ada perebutan kekuasaan posisi ketum saat kongres. "Enggak ada itu perebutan kekuasaan," tegas Syarief yang juga wakil ketua MPR.


DPD Demokrat Jawa Timur (Jatim) mengusulkan adanya regenerasi ketum.


"Memang satu di antara agenda kongres adalah pemilihan ketua umum. Kami tidak bisa cerita siapa yang akan kami calonkan," kata Pelaksana Tugas Ketua DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio.


Menurut Renville, regenerasi dalam merupakan keniscayaan. Renville mencontohkan pengurus Demokrat Jatim. Setelah Soekarwo mundur dari ketua DPD Demokrat Jatim, pimpinan dilanjutkan para kader muda Demokrat. "Pakde Karwo memberikan tempat seluas-luasnya kepada kami," ucap Renville.


Sumber : Suara Pembaruan