×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mendikbud Minta Perguruan Tinggi Gelar Kuliah Jarak Jauh

16 Mar 2020 | Senin, Maret 16, 2020 WIB Last Updated 2020-03-16T08:56:39Z
PELITAKARAWANG.COM-.Di tengah pandemi virus korona, Manteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mendorong perguruan tinggi mengurangi kuliah tatap muka. Dia meminta kegiatan akademik mulai dilakukan dari jarak jauh memanfaatkan jaringan internet.
Melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/3/2020), Nadiem mengapresiasi sejumlah perguruan tinggi yang telah melaksanakan imbauan tersebut. Dia menekankan pihak kampus harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan mahasiswwa serta warga kampus lainnya.
"Kami mendukung penuh keputusan pimpinan perguruan tinggi di wilayah terdampak korona untuk menggelar pembelajaran dari rumah. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus," kata Nadiem.
Sementara itu, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam mengatakan ada sekitar 65 perghuruan tinggi yang sudah menerapkan kuliah jarak jauh. Dia juga mengimbau kampus segera mengambil kebijakan yang terukur dan cepat untuk mencegah penyebaran virus korona di lingkungan kampus.
"Sampai saat ini sudah ada sekitar 65 kampus yang menggelar kuliah jarak jauh, data ini akan terus diperbarui sesuai laporan yang masuk dari perguruan tinggi negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti)," ujar Nizam.Nadiem Makarim Minta Perguruan Tinggi Gelar Kuliah Jarak Jauh
Nizam menegaskan kebijakan itu bukan berarti meliburkan kegiatan kuliah. Namun mengganti media kuliah tatap muka dengan layanan berbasis teknologi.
Dia juga mengimbau pihak kampus menunda sementara kegiatan wisuda karena berpotensi mengumpulkan orang banyak dalam satu tempat. Kemendikbud meminta kampus membentuk satuan tugas khusus untuk mencegah penularan virus korona.
"Civitas akademika juga diminta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjadi duta PHBS di lingkungan masing-masing," kata Nizam.***inews
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS