×

Iklan

Indeks Berita

Bank Tutup, Sekolah Tidak Bisa Cairkan PIP

6 Apr 2020 | Senin, April 06, 2020 WIB Last Updated 2020-04-06T04:00:58Z

PELITAKARAWANG.COM - Meskipun dananya sudah terparkir di Bank, tapi Program Indonesia Pintar (PIP) yang diperuntukan bagi siswa kelas XII SMA, nampaknya belum bisa cair dua bulan ini. Menyusul, tutupnya bank yang ditunjuk pemerintah tersebut sampai 29 Mei atau selama masa darurat Covid-19. 

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Tempuran, Endra Wahyudi mengatakan, BNI adalah bank yang ditunjuk secara teknis untuk pencairan PIP. Anggaran sebesar Rp500 ribu persiswa itu, kabarnya memang sudah transit di bank, namun justru belum bisa di cairkan menyusul tutupnya Bank Selama darurat Covid-19 sampai 29 Mei mendatang. Para siswa, sebut Endra, yang mendapatkan jatah PIP tersebut jumlahnya di SMA Tempuran mencapai 107 siswa kelas XII, semuanya sudah memegang rekening. Namun, karena bank yang biasa di tuju adalah di KCP Telagasari tutup, maka siswa belum bisa menerima bantuan program yang biasa turun untuk alokasi kebutuhan sekolah siswa tersebut. 

"Tutup sampai 29 Mei, jadi walaupun uang PIP sidah ada, tetap gak bisa di cairkan, " Katanya. 

Karena sasarannya adalah siswa kelas XII, sambung Endra, efeknya bukan saja pada mampetnya pembayaran kebutuhan sekolah, tetapi juga proses pencairannya yang sulit karena siswa sudah mau lulus sekolah, baik mencari kerja maupun membidik daftar di perguruan tinggi. "Siswa sedang libur juga, karena sasarannya adalah kelas XII, mereka nanti sulit dihubungi lagi untuk pencairan, karena ada yang mulai cari kerja maupun membidik pendaftaran di perguruan tinggi, " Pungkasnya. (Rd)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS