Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya angin dari utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit dalam waktu tiga hari ke depan. Informasi ini sempat tersebar melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.
 
"Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoaks, serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Meteorologi Herizal dalam keterangannya, Jumat, 10 April 2020.
 
BMKG menegaskan sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju kemarau. Dengan begitu, sirkulasi angin tidak lagi di dominasi dari utara atau Benua Asia.



"Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia)," ujar dia.
 
Herizal menyampaikan masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi melalui website resmi https://www.bmkg.go.id, dan akun media sosial Twitter @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.***medcom