Kadistan H,Hanafi menjelaskan untuk rencana panen di Kabupaten Karawang diperkirakan bisa dimulai di bulan April dengan angka sebanyak 9.786 hektar. (09/4/2020)

Dan untuk hasil produktivitas diperkirakan antara 7.2 ton sedang dengan 7.4 ton Per-hektar,jelasnya,(09/4).

Lalu katanya,untuk bulan Mei direncanakan panen raya sebanyak 24.320 hektar dan  pada Juni sekitar 33.486 hektaran.

Kadistan juga menjelaskan untuk harga Gabah kering panen (GKP) pada saat sekarang sudah naik antara kisaran  4.800 menjadi 5.300perkilonya.Untuk perkembangan harga tersebut,pasti melihat kondisi,sambung Hanafi,kalau tidak turun hujan harga gabah petani pasti lah bagus namun yang kami ditakutkan manakala turun hujan,harga gabah basah dikhwatirkan turun.

Saat disinggung adanya permintaan dari salah seorang legilator Senayan yang menyebutkan perlunya operasi pasar jelang Ramadhan dan pandemi Corona.Hanafi mengungkapkan,bahwa pihaknya kalau untuk operasi pasar mungkin saja tapi kami akan melihat harga dulu di pasar.

"Apakah sudah  mulai merangkak naik, bila itu terjadi kami bersama Bulog akan segera turun",terang Kadistan.

Sebelumnya Muslim meminta Bulog agar dengan segera bisa melakukan operasi pasar terutama menjelang  bulam Ramadan dan hari raya Idul Fitri pada Mei mendatang. 

Menurut Muslim, operasi pasar oleh Bulog tersebut nantinya dapat menciptakan stabilitas harga pokok. Sehingga dengan operasi pasar tersebut, dapat mencegah adanya pihak-pihak tertentu atau pihak-pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar di tengah situasi masyarakat yang sedang dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tidak mudah saat ini.

“Sebagian masyarakat sudah mulai terkena gelombang PHK dan dirumahkan tapi mereka juga harus membeli kebutuhan beras, gula dan minyak goreng.Bulog harus bisa melakukan operasi pasar untuk menciptakan stabilitas harga. Sehingga, terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, jangan sampai ada pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar dalam kondisi seperti ini. Peran Bulog sangat penting," ujar Muslim,**red