Notification

×


Iklan

Ketua PMI : Persediaan Darah Mulai Menipis di Karawang

Friday, April 03, 2020 | 05:03 WIB Last Updated 2020-04-02T22:21:46Z
PELITAKARAWANG.COM-.Ditengah mewabahnya virus Corona untuk persedian darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang kabarnya semakin menipis.(3/4/2020).
“Kami berharap bagi pasien yang berada di berbagai rumah sakit,apabila membutuhkan darah untuk transfusi, sebaiknya membawa keluarganya dulu yang bersedia mendonorkan darahnya,untuk kita ambil darahnya di UDD  PMI,”pinta Hj.Eli Amalia Priatna,Ketua PMI Kabupaten Karawang.
Hal tersebut sambung Eli,karena selain persediaan darah di PMI mulai menipis pada saat sekarang juga ada rasa khawatir kebutuhan darah pada satu momen tertentu akan melonjak.Bila itu terjadi akan terdampak menghabiskan persediaan darah yang ada di markas Karawang.Terlebih pada sekarang sedang merebaknya wabah corona.

Kami ada rasa kekhawatiran pula kebutuhan darah semakin banyak sedangkan untuk pendonor terkendal akibat mewabah Corona.Disisi lain,ulasnya,kebutuhan darah pada saat sekarang semakin meningkat akibat Covid-19,sedangkan PMI diharuskan bisa mengcover kebutuhan tersebut,ungkap Ketua PMI Kabupaten Karawang.

Lebih lanjut mantan wakil bupati Karawang tersebut menjelaskan,untuk beberapa bulan ini sangat sedikit pendonor darah yang biasa datang ke PMI,untuk itu pihaknya menyarankan juga mengingatkan agar masyarakat yang biasa mendonorkan darahnya ke PMI secara rutin segera datang sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan.

“Namun tentunya sekarang ini,para pendonor untuk donor diharuskan pula melakukan uji tes rapid dulu karena dikhawatirkan pendonor sendiri telah terinfeksi Covid-19,”jelasnya.

Eli juga menyampaikan selama mewabahnya virus corona,pihak PMI sudah pula melakukan gerakan semprot Dispektan secara masal ke sejumlah daerah dan titik fasum dan fasos di Kabupaten Karawang.

Patut diketahui Stok darah pada pagi jam 9:10 WIB 02 April 2020,Sebagai berikut:
*WB* *PRC*
🅰 13
🅱 23
🅾 10
🆎 10
*Trombosit*
🅰 5
🅱 7
🅾 8
🆎 0
Stok sewaktu-waktu berubah dan berlaku donor pengganti bagi semua pasien yang membutuhkan darah,**sp
×
Berita Terbaru Update