KUA Tidak Akan Layani Daftar Nikah di Masa Darurat Covid-19, Ini Legalitasnya !

PELITAKARAWANG.COM - Bermaksud daftar nikah ke Kantor Urusan Agama (KUA) setelah 1 April atau masa darurat Covid-19 ? Masyarakat sepertinya harus mengurungkan dulu niatnya. Menyusul, terbitnya surat Edaran Nomor P-003/DJ.lII/HK.00.7/04/2020 perubahan atas surat edaran Nomor 002/DJ.III/HK.007/03/2020 tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik dilingkungan Dirjen Bimas Islam yang terbit 2 April kemarin, yang menjadi pedoman para penghulu di KUA berhak untuk tidak melayani pendaftaran nikah dan menunda pelaksanaan tersebut. 

Selain itu, pelayanan akad nikah di masa darurat Covid-19 di luar KUA, di tiadakan dan prosesi akad di batasi tidak boleh lebih dari 10 orang dalam satu ruangan, didamping mengikuti prosedur seperti calon pengantin menggunakan sarung tangan, cuci tangan dan memanfaatkan hand sanitizer. 

Peraturan ini, berlaku mulai 2 April sampai dengan keadaan normal sebagaimana ketetapan pemerintah. Namun demikian, pendaftaran nikah dengan online tetap berjalan. (Rdi)
Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X