Pemerintah kembali mengumumkan data terkini terkait jumlah pasien Covid-19 atau virus corona.

Pada Senin 13 April 2020, kembali terjadi penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 316 orang sehingga totalnya menjadi 4.557 orang.

"Positif ada penambahan 316 orang total kasus 4.557 orang ," ujar Juru Bicara Pemeirntah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam jumpa pers live streaming, Senin (13/4/2020).

Sementara untuk jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak 21 orang sehingga totalnya menjadi 380 orang.

Untuk yang meninggal juga mengalami penambahan sebanyak 26 orang sehingga menjadi 399 orang.

Penambahan kasus Covid-19 mengambarkan masih terjadinya penularan di tengah masyarakat. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk terus disiplin melakukan upaya memutus rantai penularan Covid-19.


Di antaranya dengan tidak bepergian ke luar rumah, menjaga jarak interaksi dengan orang lain, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta menggunakan masker.

"Tetap di rumah karena inilah kunci sukses kita untuk menekan semaksimal mungkin penularan kasus baru akibat interaksi dengan orang tanpa gejala, orang dalam pemantauan luar rumah, ini menjadi penting karena ini kekuatan kita," ujarnya.


Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan, yakni dengan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta sejak 10 April 2020. Sementara daerah penyangga Ibu Kota juga akan segera menerapkan PSBB, seperti di Jawa Barat, mulai di Depok, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor akan mulai diterapkan pada Rabu 15 April 2020.

Provinsi Banten pun sudah mengajukan permohonan PSBB dan sudah disetujui oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. PSBB untuk daerah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.