Bagi para muslim, 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah hal yang paling krusial, sebab di sanalah malam Lailatul Qadar berada. Kita tidak pernah tahu kapan pastinya, karena itu melakukan amalan sebaik-baiknya harus dilakukan dan -- dengan kemajuan teknologi deretan aplikasi ini bisa membantu sebagai reminder untuk berbuat kebaikan.

Berikut ini sejumlah aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk mengejar Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan:


1. Waktu Solat -Kiblat, Azan, Doa

Aplikasi ini terbilang cukup lengkap, selain ada fitur untuk menghitung dzikir, menghitung zakat, ada juga panduan untuk melaksanakan salat sunnah seperti Tahajjud, Witir, hingga salat Taubat.

Ada juga reminder azan yang bisa mengingatkan kamu untuk bangun dan segera menunaikan salat. Rating-nya di Google Play Store pun terbilang baik dengan 4,5 dari 78 ribu reviewers.

2. umma - #1 Muslim Application for Ramadhan

Hal terpenting dari mencari malam Lailatul Qadar adalah orang yang tenang hatinya dan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Dengan aplikasi ini, kamu akan diingatkan untuk salat (bahkan ada 'presensi atau absen' untuk memantau).

Selain itu ada juga video-video bertemakan Islam yang dibagikan dari pihak aplikasi, sesi QnA dengan ustaz, dan tentu saja fitur Al-Qur'an yang dilengkapi terjemahan dalam bahasa Indonesia. Bisa dibilang, ini pun bisa jadi 'medsos sehat' selama bulan Ramadhan.


3. Muslim Pro - Ramadan 2020
Muslim Pro bisa dibilang salah satu aplikasi dedengkot sejak dirilis pada April 2011 dan sudah di-download sebanyak 50 juta lebih di Google Play Store. Fitur di sini pun cukup lengkap dengan catatan selama Ramadhan (apakah sudah salat, apakah berpuasa, dll), azan tentunya, membantu menghitung dzikir, bahkan pengingat untuk membaca ayat-ayat Qur'an yang indah.

Al-Qur'an yang ada pada aplikasi ini juga bisa memutar audio dan ketika membuka beranda, kerap muncul hadist atau doa yang dituliskan baik dari pihak aplikasi atau komunitas.

4. Till Khatam - Quran Tracker

Dengan desain yang menggemaskan, Till Khatam - Quran Tracker bisa jadi teman kamu untuk lebih dekat dengan Al-Qur'an. Kamu bisa memasang tujuan kapan kamu akan khatam Al-Qur'an dan mencatat progres yang kamu sudah lakukan. Ada beberapa saran jumlah halaman yang bisa kamu baca demi mencapai khatam di akhir Bulan Suci.
(detikcom)