Bayern Munchen semakin kokoh di puncak klasemen Bundesliga. Sang juara bertahan kini terpaut 10 poin dari posisi kedua Borussia Dortmund usai mengamankan tiga poin dari laga pekan ke-29. Munchen berpesta gol dengan menaklukkan Fortuna Dusseldorf 5-0 di Allianz Arena, Munchen, dalam laga yang berakhir Ahad (31/5) dini hari WIB.

Munchen mempertahankan tradisi selalu mengemas banyak gol saat melawan Fortuna. Pada pertemuan pertama musim ini, Thomas Muller dkk unggul 4-0.

Kekalahan ini membuat Fortuna tertahan di zona degradasi dengan nilai 27 dan berada di posisi tiga terbawah.

Munchen sudah mengontrol pertandingan sejak awal. Sejumlah bangun serangan yang mengarah ke gawang tim tamu dilancarkan tim asuhan Hans Dieter Flick. Namun gol pembuka justri hadir dari bunuh diri. Bek Fortuna, Mathias Jorgensen, menjebol gawangnya sendiri pada menit ke-15 setelah tak mampu menghindar dari bola tendangan Benjamin Pavard yang sebenarnya melebar dari gawangnya. Si kulit bundar justru berubah arah masuk karena sentuhan badan Jorgensen.

Gol ini membuat Munchen nyaman mengontrol laga. Hingga gol kedua datang pada menit ke-29. Kali ini, tandukan Pavard menyambut sepak pojok  mengarah ke pojok kanan atas dan tak bisa dihentikan kiper Fortuna Florian Kastenmeier.

Munchen masuk ke ruang ganti saat istirahat dengan keunggulan tiga gol. Robert Lewandowski mencetak gol ketiga Die Bayern pada menit ke-43. Kerja sama apik Lewandowski dan Joshua Kimmich dituntaskan dengan mudah oleh Lewandowski dengan tendangan keras di depan gawang Fortuna.

Babak kedua berjalan lima menit, Munchen kembali menambah gol dan membuat Fortuna semakin terpuruk. Lewandowski kembali mencatatkan namanya di kertas skor, kali ini dengan sentuhan tumit memaksimalkan umpan matang Serge Gnabry.

Dua menit berselang, Alphonse Davies mencetak gol kelima Munchen dengan skill individunya. Setelah meliuk-liuk di kotak penalti, ia melepaskan tendangan yang tak bisa dihalau Kastenmeier.

Tekanan Munchen tak berubah meskipun sudah unggul lima gol. Sejumlah peluang tercipta. Tapi ketidakberuntungan dan kesigapan para pemain Fortuna yang tak mau lagi kebobolan membuat tak ada tambahan gol hingga laga berakhir. **rol