Dosen UBSI Karawang Workhsop Via Aplikasi Zoom

Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Program Studi diluar Kampus Utam (PSDKU) Karawang melakukan pengabdian masyarakat dengan tema "Workshop Penerapan Pola Hidup Bersih Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Lingkungan Asrama Yapinuri Cikampek Melalaui Aplikasi  Zoom" Sabtu (9/5). Peserta workshop sendiri yang berjumlah 20 orang berasal dari lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Iman (YAPINURI) yang merupakan lembaga yang menaungi anak anak yatim dan tidak mampu di Karawang yang sudah aktif sejak lama. 

Tutor dalam kegiatan tersebut, Dede Firmansyah M.Kom mengatakan, masyarakat kota karawang memang tidak semuanya sadar akan kebersihan lingkungan, masih banyak masyarakat yang tidak memperdulikan anjuran pemerintah ditengah pandemi Covid-19 ini, sebagai contoh anjuran WHO tentang penggunaan masker saat beraktivitas, tidak berkerumun dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan. Padahal, jangankan masyarakat biasa, sekaliber Bupati Karawang saja sudah terpapar Covid-19 ini dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit berminggu-minggu. "Hal ini menunjukan, bahwa resiko penyebaran Covid-19 tinggi, bahkan menempatkan Karawang sebagai Kabupaten/kota 5 besar di Jawa Barat yang masuk kategori terbanyak kasus positifnya dibanding Kabupaten/kota lainnya," Katanya.

Dengan demikian, pihaknya selaku para pendidik Universitas Bina Sarana Inforamtika (UBSI) mensosialisasikan pola hidup sehat dalam rangka pengabdian masyarakat pada anak - anak yang berada di YAPINURI Cikampek. Dengan harapan, mereka dapat menerapkannya di lingkungan asrama dan lingkungan tempat mereka belajar, tentunya media sosialisasi ini dilakukam dengan menggunakan aplikasi zoom sebagai upaya aksi dukungan terhadap program pemerintah mengenai pembatasan social berskala besar (PSBB). "Workshop yang berjalan sekitar 1 jam melalui aplikasi zoom, Alhamdulillah berjalan lancar dan diserap pemahamannya oleh peserta workhsop. Selain melaksanakan workshop melalui aplikasi zoom, pihak dosen dari UBSI juga memberikan santunan berupa sembako dan uang tunai sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 ini, khususnya kepada peserta workshop Lembaga Kesejahteraan sosial anak Nurul Iman (YAPINURI), " Ujarnya.

Para peserta Workshop via apliskasi Zoom tersebut, di ikuti bersama Panitia Pengabdian yang merupakan dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika  Suhardi,S.Sos,MM sebagai ketua pelaksana, Dede Firmansyah Saefudin,M.Kom sebagai tutor, Nani Purwanti,M.Kom, Bapak Andreas Rudiwantoro,SE, sebagai anggota serta keterlibatan mahasiswa antara lain Annisa Farihatul Adawiyah, Kustoro dan Sugiyanto. (Rd)
X
X