Jumlah pasien positif virus corona (COVID-19) di Indonesia terus bertambah hingga menembus 23.165 orang pada Selasa (26/5/2020). Jumlah tersebut bertambah 415 orang dibandingkan dengan sehari sebelumnya.

Sementara itu jumlah pasien sembuh meningkat 235 orang sehingga menjadi 5.877 orang. Adapun yang meninggal bertambah 27 orang sehingga total menjadi 1.418 orang.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengimbau kepada masyarakat untuk mulai memperbaiki perilaku, mengubah pandangan dan menjaga diri, serta selalu mematuhi aturan dari pemerintah untuk selalu menegakkan protokol kesehatan. Sebab, hanya itu yang dapat menjadi cara untuk memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, sekaligus meringankan beban para tenaga kesehatan.



"Mari kita betul-betul mampu mengubah diri, menjaga diri, agar kasus tidak semakin banyak," tutur Yuri. Selasa (26/5/2020).



Sebelumnya, Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa upaya kolektif pemerintah daerah dan masyarakatnya sangat menentukan dalam menurunkan tingkat risiko di wilayah.

"Jadi apabila penurunan kasus tidak 50% selama dua minggu itu belum bisa dianggap baik. Maka dari itu, harus seluruh masyarakat dan pemerintah betul-betul menurunkan kasusnya dengan cara protokol kesehatan tentunya. Pasti kalau orang menjalankan protokol kesehatan secara kolektif, pasti jumlah kasusnya akan turun," ucap Prof. Wiku saat dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa (26/5).