Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Rapid Tes, Pejabat Dinkes Karawang "Berburu" Pedagang dan Pengunjung Pasar Cilamaya

Redaksi
Tuesday, May 19, 2020, 14:59 WIB Last Updated 2020-05-20T05:56:48Z
Setelah menemukan warga di 5 Pasar reaktif Covid-19 dan positif, Dinas Kesehatan kembali menggelar rapid tes di Pasar Cilamaya, Selasa (20/2). Jatah rapid dalam kegiatan tersebut, di lakukan dengan kuota 200 orang untuk mendeteksi kesehatan masyarakat pasar Cilamaya, baik pengunjung maupun pedagang pasar. Nampak, sejumlah tim medis di sebar di berbagai lokasi pelosok lapak, parkiran hingga pangkalan ojek dan kios pinggiran jalan lengkap dengan alat dan pakaian hazmat atau Alat Pelindung Diri (APD).
Ketua Tim Pelaksana Rapid Tes Pasar Cilamaya, Rusli Gunawan S.Km mengatakan, Dinas Kesehatan libatkan tim medis dari 5 Puskesmas terdekat untuk membantu melakukan rapid tes masal pada para pengunjung dan pedagang pasar Cilamaya. Selain di samping Mesjid Attaqwa sebagai lokus utama kunjungan, tim juga disebar ke kios-kios dan lapak hingga parkiran untuk menjaring masyarakat agar mau di rapid rest untuk mendeteksi Covid-19 lebih dini secara gratis. Sebab, jika masayakat hendak uji rapid secara mandiri, paling murah di banderol seharga Rp300 ribuan perorang di RS Negeri maupun Swasta. Oleh karenanya, ini momen, agar kiranya masyarakat bisa antusias mengikutinya. " Ini mungkin rapid tes terakhir jelang Idul Fitri, kalau memungkinkan sehabis lebaran, bisa di lanjut di pasar-pasar lainnya, " Katanya.

Mantan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Karawang ini menambahkan, dari hasil rapid tes di beberapa pasar, seperti Rengasdengklok, Kosambi, Cikampek dan Pasar Karawang, jumlah yang positif Corona di dapati sebanyak 5 orang. Dibanding pengunjung, yang lebih banyak postif itu adalah pedagang. Karenanya, kalau sudah reaktif, nanti ada tes lanjutannya. Ia berharap, masyarakat pasar bisa selalu perhatikan protokol kesehatan, agar terhindar dari wabah Covid-19 tersebut. "Hasilnya di Cilamaya masih di hitung, tapi mayoritas negatif dan di sampaikan langsung kepada Pasien, " Katanya. 

Hadir dalam giat rapid tes tersebut, selain pejabat Dinas Kesehatan, juga nampak para Kepala Puskesmas, Kapolsek dan Danramil Cilamaya. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • Rapid Tes, Pejabat Dinkes Karawang "Berburu" Pedagang dan Pengunjung Pasar Cilamaya
  • 0

Terkini