Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan akan mengumumkan keputusan pemerintah terkait pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 di tengah pandemi virus corona besok hari, Selasa (2/6).

Keputusan itu dibuat usai beberapa kali diundur untuk menunggu kabar pemberangkatan haji di tengah upaya penanganan virus corona dari Kerajaan Arab Saudi. Indonesia memberi waktu kepada Saudi untuk memberi kepastian haji di tengah corona hari ini.

"(Keputusan diumumkan) besok, 2 Juni 2020, pagi pukul 10.00 WIB," kata Fachrul via pesan singkat kepada CNN,Senin (1/6).


Fachrul enggan membocorkan keputusan apa yang akan diambil pemerintah Indonesia. Dia juga tak menjelaskan apakah Saudi telah memberi kabar terkait penyelenggaraan haji.

Namun ia memastikan pengumuman itu akan ia sampaikan esok hari. Fachrul bilang pengumuman akan diutarakan langsung dari Kantor Kemenag di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Sebelumnya,pelaksanaan ibadah haji menjadi pertanyaan usai pandemi virus corona (Covid-19). Terlebih lagi, pada akhir Februari Arab Saudi menyetop pelayanan ibadah haji.

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menunggu kejelasan dari Saudi sebelum menentukan sikap terkait haji tahun ini.

Awalnya, Indonesia memberi waktu hingga akhir April bagi Saudi.


Namun hingga 29 April, Saudi tak kunjung memberi kabar. Kemenag pun mengundur batas waktu hingga 20 Mei. Hal yang sama pun terjadi, tak ada kepastian dari Saudi.

Namun Presiden Joko Widodo kembali mengundur batas waktu hingga 1 Juni 2020. Keputusan itu ia buat setelah berkomunikasi dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

"Pak Presiden juga habis komunikasi dengan Raja Salman, maka beliau menyarankan bagaimana kalau kita lihat sampai awal Juni. Kami setuju. Jadi mungkin sampai 1 Juni kita lihatlah tanggal pasti," kata Fachrul usai Rapat Terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/5).***.