Bayurkidul - Sumurgede Rancang Kesiapan Kampung Tangguh Covid-19

Iklan Semua Halaman

Loading...

Bayurkidul - Sumurgede Rancang Kesiapan Kampung Tangguh Covid-19

Redaksi
Thursday, June 4, 2020
Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon tersohor dengan sentra ikan pindang. Desa yang berbatasan dengan Kecamatan Banyusaru ini, sedang di rancang menjadi Kampung Tangguh Covid-19 beberapa hari kedepan. Memastikan kesiapan, Kapolsek bersama Kepala UPTD Puskesmas Bayur meninjau langsung media penyerta untuk suksesi Kampung Tangguh yang di plot dengan Desa Sumurgede tersebut. 


Kapolsek Cilamaya, Kompol Sutedjo mengatakan, Desa Bayur Kidul dari hasil pantauannya, sudah cukup memenuhi kriteria untuk dijadikan kampung tangguh, sebab media penyerta untuk memenuhi syarat sudah sangat memadai. Selain ketahanan pangan dengan lahan sawah yang luas, ruang isolasi dan Empang ternak ikan juga sudah tersedia, apalagi Desa ini banyak usawahan ikan pindang. Ia persilahkan Kades setempat untuk memporsikan tempat check poin dimana Dusunnya, maupun sarana penunjang lainnya baik termometer digital, disinfektan dan penyediaan wajib masker. Adapun soal anggaran kegiatan, bisa dari dana transfer desa, maupun bantuan dari Pemkab. "Iya, ini sudah cukup memadai, kantor desanya lengkap, dekat dengan pangan maupun Empang ternak ikan. Tinggal disiapkan lokasi check poinnya, " Katanya, Kepada Pelitakarawang.com, Kamis (4/6)


Kades Bayurkidul, H Darsono mengatakan, adanya kampung tangguh itu sebenarnya adalah untuk mempersiapkan pembiasaan masyarakat menuju New Normal. Dimana protokol kesehatan, diharapkannya tidak hilang, seperti kebiasaan cuci tangan, menggunakan masker dan selalu menjaga daya tahan tubuh. Sehingga, saat New Normal diberlakukan, masyarakat tidak canggung lagi dengan kebiasaan tersebut. Disamping, sambung Darsono, menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan desa. "Pada dasarnya kita siap dan sedang memusyawarahkan untuk lokasi dan tempat. Adapun launching resminya, menyusul di tetapkannya, " Pungkas mantan Perawat RSUD Karawang ini. (Rd)