Kementerian Agama melalui Biro Kepegawaian terus meningkatkan layanan, khususnya dalam bidang kepegawaian. Tahun 2020 ini, para Guru dan Pengawas Madrasah yang akan naik pangkat/golongan dari IVa ke IVb akan dilakukan secara online.
“Kita mempunyai harapan besar, aplikasi e-Dupak ini dapat berjalan dengan baik di Kemenag. Pegawai kita sangat banyak,” kata Kepala Biro Kepegawaian Saefudin saat membuka acara Bimtek Operator/Admin e-Dupak (electronic-Daftar Usul Penetapan Angka Kredit), di Jakarta, Kamis (18/06).
Menurutnya, saat ini yang baru bisa menggunakan aplikasi ini adalah guru dan pengawas yang mau naik dari IVa ke IVb. “Saya berharap, aplikasi semacam ini dapat dikembangkan dan berlaku untuk seluruh jabatan fungsional di bawah Kementeriaan Agama,” ungkapnya.
Ia menjelaskan, di era teknologi informasi seperti saat ini, tidak mungkin kita terus bertahan dengan hal yang sifatnya hard document dan tatap muka. Apalagi di tengah suasana pandemi seperti saat ini. “Aplikasi ini harus sukses,” tegasnya.
Sebelumnya, Kepala Bagian Asesmen dan Bina Pegawai Biro Kepegawaian Syahrudin menyampaikan bahwa tujuan dari penggunaan e-Dupak untuk mempermudah dan mempercepat layanan kepegawaian.
“Selain itu, yang tidak kalah penting, aplikasi ini diharapkan dapat menghilangkan gratifikasi, khususnya dalam kenaikan pangkat,” kata Syahrudin.**rf