Notification

×


Iklan


Gajian Masuk Rekening Mal Mulai Diserbu, Jangan Lupa Protokol Kesehatan Ya

Sunday, June 28, 2020 | 11:56 WIB Last Updated 2020-06-28T04:56:39Z

Mal atau pusat perbelanjaan mulai diserbu pengunjung di akhir pekan. Setelah dibuka pada 15 Juni 2020, mal di DKI Jakarta mulai menunjukkan tren peningkatan pengunjung.(28/6/2020).

Apalagi di akhir pekan bersamaan dengan masuknya gajian di rekening, membuat masyarakat kian antusias mengunjungi mal setelah sebelumnya ditutup akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Mal di Grand Indonesia misalnya yang terpantau mulai didatangi pengunjung pada Sabtu 27 Juni 2020. Meskipun dari sisi jumlah pengunjung tidak terlalu ramai karena masih terlihat lengang. Sementara itu sejumlah tenant masih terpantau relatif sepi. Hanya tempat makan saja yang terpantau ramai oleh pengunjung.

Protokol kesehatan masih dijalankan dengan baik oleh pengelola mal. Misalnya saja saat hendak masuk masih harus diperiksa suhu tubuhnya.

Salah seorang pengunjung bernama Ica mengaku sengaja untuk menghabiskan waktu di mal. Apalagi dirinya sudah lama tidak keluar rumah akibat pandemi Corona.

"Iya akhirnya bisa keluar. Karena kemaren enggak keluar kandang," saat berbincang.

Dikutip dari Okezone, sementara itu salah satu pengunjung lainnya bernama Reza mengaku sengaja datang ke Mal karena harus ada barang yang dibeli. Apalagi momennya pas karena baru saja gajian.

"Iya mau ada yang dibeli. Kebetulan abis gajian juga," kata Reza.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, setelah dua minggu mal mulai beroperasi geliat pengunjung datang ke pusat perbelanjaan mulai ada peningkatan, meski belum signifikan. Dia mencatat, ada kenaikan sebesar 30% hingga 40% pengunjung.

"Kalau kita lihat hasil kemarin dari awal sampai sekarang memang ada peningkatan, walau peningkatan itu pelan tapi keliatan sekali ada peningkatan. Awal awal hanya 20% yang datang, minggu ini kita lihat sudah 30-40%. Jadi memang ada peningkatan," kata Stefanus.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menyatakan bahwa tidak ada batasan umur bagi pengunjung mal. Pasalnya, seluruh pusat perbelanjaan di wilayah Ibu Kota telah menerapkan protokol kesehatan yang baik kepada setiap pengunjung.

“Jadi untuk DKI Jakarta, tidak ada batasan umur baik yang berusia atau yang 5 tahun ke bawah tidak boleh ke mal itu tidak ada. Jadi semua boleh ke mal karena kami yakin bahwa semua keluarga tahu cara untuk merawat kesehatan dan juga keamanan masing-masing, di samping pusat belanja selalu menyediakan juga protokol kesehatannya,” kata Ellen.

Namun, ketika kita ingin mengunjungi mal tetap harus memperhatikan protokol kesehatan di mal, di antaranya: wajib pakai masker, harus menjaga jarak antrean masuk mal minimal 1 meter, suhu tubuh harus di bawah 37,5 derajat celcius, mengikuti arahan yang sudah dibuat pengelola mal, untuk eskalator, pengunjung harus berdiri di tanda yang sudah diberikan jarak antar orang yaitu 3 langkah.

Selain itu, antrean di toilet minimal 1 meter, pembayaran cashless, pada restoran dine in dan food court, kapasitas maksimal hanya 50%, semua karyawan pakai masker dan facshield.

Selain itu, jam operasioanl dari pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB malam.***

×
Berita Terbaru Update