Gratis SPP, Pendaftar Lebih Bergeser ke Sekolah Kejuruan

Iklan Semua Halaman

Gratis SPP, Pendaftar Lebih Bergeser ke Sekolah Kejuruan

Red
Tuesday, June 30, 2020
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahap dua telah dibuka sejak Kamis (25/6), hingga Rabu besok (1/7). Sampai Salasa ini, SMA Negeri 2 Karawang sudah menerima 212 dari 392 kuota yang ditargetkan.

Operator PPDB SMAN 2 Karawang, Maman mengatakan, pada pelaksanaan PPDB 2020 ini, pihaknya mentargetkan sebanyak 392 calon siswa dari sebelas rombel.

"Di tahap satu kemarin, yang baru masuk ke kita 101 orang, sementara ini di tahap dua (jalur zonasi) kita sudah menerima sebanyak 110 orang. Jadi jika diakumulasikan, kita sudah menampung 212 orang. Sehingga tinggal 180 pendaftar lagi untuk memenuhi target kuota," tambah Maman. 

Masih belum terpenuhinya kuota tersebut, kata Maman, disebabkan sejumlah faktor. "Salah satunya karena bergesernya minat siswa dari SMA ke sekolah kejuruan," ujarnya.

"Kalau di SMK, pandangannya kan lebih praktis, karena sudah dibekali keterampilan siap kerja pasca lulus sekolah nanti. Jadinya minat siswa untuk ke SMA berkurang," kata Maman.

Ia mengungkapkan, bergesernya minat tersebut pun sudah terasa di tahun-tahun sebelumnya. "Sudah sekitar tiga tahun ke belakang ini lah kira-kira," jelasnya.

Kepala SMAN 2 Karawang, Drs. Suandi, M.Pd membenarkan jika sekolahnya masih belum memenuhi kuota yang ditargetkan. Meski demikian, dirinya tetap optimis jumlah pendaftar bisa terpenuhi di tahap dua ini. "Update pendaftar ini kan berkembang setiap harinya ya, jadi kita tetap optimis (terpenuhi)," pungkas Suandi.

Sementara itu, lanjut Suandi, sebagai informasi, di tahun ajaran 2020/2021 ini, dalam rangka meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di tingkat SMA/SMK dan SLB Negeri, Pemprov Jawa Barat menggratiskan iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk para siswa. "Bagi yang melanjutkan ke SMA/SMK dan SLB negeri, iuran (SPP) bulanan dan awal tahun gratis, karena dibantu oleh Pemprov Jabar," terangnya.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para calon siswa yang akan mendaftar ke sekolah-sekolah negeri, Selain untuk meningkatkan APK, kebijakan tersebut guna mengantisipasi menurunya pendaftar sekolah lanjutan di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sambung Suandi, masih ada waktu bagi para siswa yang belum mendaftar, agar bisa melakukan pendaftaran PPDB secara mandiri dengan datang langsung ke sekolah yang dituju. "Jika menemui kesulitan, silakan konsultasi langsung ke sekolah yang dituju. Kita di SMAN 2 pun siap membantu," papar Suandi. (Rd).