PSSI berencana memaparkan tiga opsi kelanjutan kompetisi kepada klub Liga 1 dan Liga 2 pada rapat virtual, Selasa (2/6/2020). Dari situ diharapkan klub memberi tanggapan.

"Kami mengadakan rapat untuk memberikan penjelasan dan sosialisasi tentang lanjutan kompetisi," ujar Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dikutip Antara.

Pertemuan itu dilaksanakan atas permintaan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Harapannya agar tidak ada pihak yang dikecewakan soal pilihan-pilihan masa depan kompetisi.

Pilihan pertama yaitu musim 2020 dilanjutkan. Kedua, musim dihentikan lalu ada turnamen pengganti. Terakhir, musim 2020 disetop dan ada musim baru 2020-2021.
"Ketiganya menjadi opsi yang membutuhkan tanggapan dari klub," kata Yunus.

Kompetisi sepak bola Indonesia musim 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret karena pandemi Covid-19. PSSI menyatakan kelanjutan kompetisi itu bergantung pada kebijakan pemerintah.

Melalui SKEP/48/III/2020 yang dikeluarkan pada akhir Maret 2020, PSSI memutuskan bakal menyetop kompetisi jika pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona yang hingga 29 Mei 2020.

Akan tetapi, kalau pemerintah tidak menambah masa darurat tersebut, PSSI akan kembali menggulirkan Liga 1 dan Liga 2 mulai tanggal 1 Juli.***