Hari Terakhir Pemberlakukan PSBB, Lagi Kabupaten Karawang Menggelar Test Swab Massal & Ini Tiga Lokasinya

Iklan Semua Halaman

Loading...

Hari Terakhir Pemberlakukan PSBB, Lagi Kabupaten Karawang Menggelar Test Swab Massal & Ini Tiga Lokasinya

Redaksi
Friday, June 12, 2020
Hari ini,Jumat,12 Juni 2020 merupakan hari terakhir pemberlakukan PSBB di Kabupaten Karawang,untuk langkah selanjutnya seperti apakah dilanjutkan,atau memasuki penerapan new normal ?.Tetapi hari ini diperoleh informasi Pemkab dalam hal ini melalui Dinkes Kabupaten bareng Satgas Covid-19 Karawang menggelar test swab lagi,yang sebelumnya sudah dijalankan pada obyek wisata Tanjung Pakis Kecamatan Pakis Jaya.Dan menurut dr.Fitra Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang untuk hasilnya akan diumumkan pada hari Jumat.

Giat test swab hari ini,menurut kabar yang diterima redaksi akan kembali dijalankan di dua pasar dan satu tempat tertentu yang dianggap centar perkumpulan warga .
Lokasi pertama test swab akan mengambil tempat disekitar Pasar Batujaya,yang merupakan satu wilayah berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi,atau sebelah barat Kabupaten Karawang.Giat dilokasi akan dihadir pula tenaga medis dari Puskesmas Tirtajaya,Jayakerta,Medang Asem dan sebagai penanggungjawab pelaksanaan drg.Sri Kurniati

Lokasi kedua test swab di Kecamatan Rengasdengklok dengan terpusat di kantor lama Kecamatan Rengasdengklok. Kegiatan dilokasi akan bertanggungjawab Hj.Yayuk Sri Rahayu dan tim medis yang turut hadir dari Puskemas Kalangsari & Kutawaluya.

Lokasi ketiga test swab di Pasar Cilamaya dan ini yang kali keduanya dimasa PSBB diberlakukan di Kabupaten Karawang.

Pasar Cilamaya adalah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang untuk bagian timur. Di titik tes swab ini sebagai penanggungjawab H.Rusli Gunawan dan akan hadir tenaga medis lain dari Puskemas Pasirukem dan Sukatani.
Sebelumnya di Pasar Cilamaya telah dilakukan test swab, sebanyak ODP 16  di Puskemas Cilamaya sebagai peserta yang hasil dinyatakan adalah negative.

Diketahui secara umum,Kabupaten Karawang yang katanya siap menuju new normal adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jabar,juga memiliki target harian test swab sebanyak 249 orang perhari dengan total target sebanyak 2487 orang.

Sampai kabar ini diturunkan,belum ada keterangan secara rinci dari pihak Satgas Covid-19 atau Dinkes Kabupaten Karawang,sudah berapa target yang telah dicapai dalam test swab,termasuk langkah selanjutnya setelah beres pemberlakukan PSBB Karawang yang akan berakhir ditanggal 12 Juni.Lanjut atau sanggupkah Karawang dengan paradigma baru berupa AKB yang lebih dikenal new normal?.

Kemudian,meski rencana penerapan adaptasi kebiasan baru (AKB) cukup kencang digaungkan di Jabar belakangan ini,tapi ternyata belum ada kabupaten/kota di Jabar satu pun yang mengajukan penerapan AKB atau new normal. 

Dari 27 kabupaten/kota di Jabar,belum ada satu pun kabupaten/kota yang mengajukan penerapan AKB.

"Belum ada (kabupaten/kota) yang mengajukan (AKB)," ujar Sekretaris dan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Daud Achmad, dalam konferensi pers di Gedung Sate,Kota Bandung, Kamis (11/6).

Daud mengatakan,keputusan terkait pengajuan penerapan AKB akan diambil setelah Gubernur Jabar,Ridwan Kamil mengumumkan hasil evaluasi pelaksanaan PSBB proporsional dan berkoordinasi dengan bupati/wali kota se-Jabar, Jumat (12/6).

"Pak Gubernur akan video conference dengan bupati/wali kota dan besok ada hasil evaluasi (PSBB proporsional).Apakah PSBB akan diperpanjang, kita tunggu besok dari Gubernur," kata Daud.

Sebelumnya,Gubernur Jabar,Ridwan Kamil menyebutkan,sebanyak 60 persen wilayah di Provinsi Jabar sudah bisa memulai penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan,penetapan wilayah yang bisa memulai new normal tersebut mengacu pada data indeks reproduksi Covid-19 (RT) selama 14 terakhir yang berada di angka 1. 

"Sekitar 60 persen Zona Biru (level 2) bisa memulai pilihan new normal.Sekitar 40 persen Zona Kuning (level 3) wilayah melanjutkan PSBB proporsional sampai 12 Juni 2020," katanya.

Berdasarkan hasil kajian terakhir,kata dia,dari total 27 kabupaten/kota di Jabar,sebanyak 15 kabupaten/kota atau 60 persen di antaranya kini sudah berstatus zona biru dan dapat memulai penerapan new normal,sementara 12 kabupaten/kota lainnya kembali menerapkan PSBB.

Ke-15 kabupaten/kota yang sudah berstatus zona biru tersebut,yakni Kabupaten Bandung Barat,Cianjur,Kota Sukabumi,Kabupaten Purwakarta,Cirebon, Kota Cirebon,Kuningan,Majalengka,Sumedang,Garut,Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya termasuk Kota Banjar,Kabupaten Ciamis,dan Pangandaran.**red