Jokowi: Semua Sektor dan Aktivitas Dibuka Bertahap

Iklan Semua Halaman

Jokowi: Semua Sektor dan Aktivitas Dibuka Bertahap

Redaksi
Wednesday, June 10, 2020

Presiden Joko Widodo menyatakan tidak akan langsung membuka seluruh aktivitas dan sejumlah sektor di masa pandemi virus corona (covid-19). Jokowi menegaskan aktivitas dan berbagai sektor itu akan dibuka secara bertahap.

"Prioritas, tidak semua langsung kita buka, sektor dan aktivitas apa yang dimulai dibuka secara bertahap, itu secara bertahap tidak langsung buka 100 persen," ujar Jokowi saat mengunjungi gedung BNPB, Jakarta, Rabu (10/6).



Jokowi menuturkan, sejumlah daerah telah membuka aktivitas dan beberapa sektor secara sebagian. Salah satunya tempat ibadah yang mulai kembali menggelar salat berjemaah.



Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan akan mengevaluasi daerah yang telah membuka aktivitasnya kembali untuk memastikan kesiapan sebelum benar-benar membuka sepenuhnya.



"Beberapa daerah sudah dibuka dulu 50 persen, dibuka dulu separuh, saya kira contoh-contoh beberapa daerah yang sudah melakukan akan kita evaluasi dan sangat bagus sebagai contoh persiapan pembukaan tempat ibadah dengan protokol kesehatan, saya lihat bagus," katanya.

Sementara pembukaan aktivitas, lanjut Jokowi, juga akan diprioritaskan di wilayah yang tingkat penularannya rendah namun berdampak tinggi pada kondisi ekonomi. Terutama di sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, indsutri manufaktur, konstruksi, logistik, transportasi barang, hingga perminyakan pertambangan.

"Sektor ekonomi yang penularannya rendah tapi memiliki dampak ekonomi tinggi didahulukan. Ini sudah disampaikan ketua gugus tugas agar jadi catatan kita semua," ucap Jokowi.



Jumlah kasus positif covid-19 per Selasa (9/6) di Indonesia diketahui mencapai 33.076 kasus. Dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh 11.414 orang dan 1.923 orang lainnya meninggal dunia.

Sementara sejumlah wilayah yang sebelumnya menerapkan PSBB mulai membuka sebagian aktivitas. Salah satunya Jakarta yang telah membuka kegiatan di tempat ibadah dan pusat perbelanjaan dalam waktu dekat.

Pemprov DKI Jakarta juga sudah melonggarkan sejumlah aktivitas di masa PSBB Transisi seperti mengizinkan perkantoran beroperasi kembali dengan syarat-syarat protokol kesehatan.