MTsN 1 Karawang Petakan Seleksi BTQ Saat PPDB Musim Pandemi

Iklan Semua Halaman

MTsN 1 Karawang Petakan Seleksi BTQ Saat PPDB Musim Pandemi

Lesmana
Thursday, June 11, 2020
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Karawang di Cilamaya, siap-siap membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Orangtua siswa lulusan SD, bukan saja harus menyiapkan ijasah, tetapi juga syahadah DTA dan seleksi Baca Tulis Quran (BTQ) sebagai Madrasah yang berbasis pendidikan keagamaan.

Wakil Kepala MTsN 1 Karawang, Amsori mengatakan, saat ini PPDB baru buka untuk tingkat SMA/SMK Negeri, sementara Madrasah masih menunggu jadwal pasti dari Kementrian Agama (Kemenag) yang biasanya include dengan Dinas Pendidikan jadwalnya. Lain SMP, lain pula dengan Madrasah, karena, selain syarat-syarat online dan lampiran berkas yang sama, di MTs calon siswa baru akan mengikuti tahapan seleksi Baca Tulis Quran (BTQ). Ini, bukan upaya eliminasi calon siswa baru, tapi lebih pada arah pembinaan saat mereka nanti menjadi siswa MTs, sehingga para lulusannya kelak, memastikan diri bisa BTQ. " Nanti ada seleksi BTQ, mereka yang bisa dan tidsk akan di pisah kelasnya untuk melakukan pembinaan khusus saat menjadi siswa MTs, sehingga para lulusan nanti bisa BTQ, " Katanya. 


Kelas khusus ini sambung Amsori, adalah bagian dari ikhtiar MTs mencetak generasi yang mampu baca tulis Qur'an, karena pendidikan agama, moral, akhlak dan karakter jadi ciri utama hasil pendidikan Mts. Namun, sebutnya, di musim pandemi Covid-19 ini, pihaknya masih memetakan pelaksanaan BTQ yang rutin dilakukan setiap PPDB ini, selain menunggu arahan kelanjutan situasi Covid-19, protokol kesehatan juga di utamakan penerapannya saat nanti tes BTQ. Sebab, tahun ini, rencananya MtsN 1 Karawang ini, membuka 11 rombel atau 352 calon siswa baru dengan asumsi 32 anak setiap kelasnya. "Anak yang bisa BTQ dengan yang tidak, berbanding dengan perilakunya sehari-hari, itu sangat berkaitan erat ternyata. Semakin anak itu bisa BTQ, semakin baik karakternya, " Ujarnya. (Rd)