Tak Seperti Tahap Pertama, Penerima Bansos Tahap Kedua Malah Berkurang

Iklan Semua Halaman

Tak Seperti Tahap Pertama, Penerima Bansos Tahap Kedua Malah Berkurang

Redaksi
Tuesday, June 16, 2020
Penerima dana bantuan sosial (Bansos) untuk wilayah Jawa Barat (Jabar), berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau non DTKS akan berkurang hingga ribuan penerima untuk penyaluran tahap dua.
Kepala Dinas Sosial Dodo Suhendar mengatakan untuk data DTKS yang berasal dari Kemensos pada tahap pertama tercatat mencapai sekitar 445 ribuan. Pada penyaluran tahap kedua nantinya akan ada pengurangan cukup besar.
"Tahap dua nanti akan disalurkan hanya kepada 232.648 orang, itu setelah data clean," tegasnya di Gedung Sate, Selasa (16/6/2020).
Ia mengatakan pengurangan ribuan penerima setelah dilakukan revisi data bersama dengan BPKP. diantaranya karena ada penerima yang mendapatkan bansos lebih dari satu, penerima tidak sesuai NIK, alamat tidak jelas dan lain-lain. Nantinya  penerima akan difoto sebagai bukti bansos telah sampai tepat sasaran. 
"Insya allah, tahap dua sudah clean dan tepat sasaran, tidak akan ada lagi double penerima bantuan," jelasnya.
Ia menegaskan, tidak akan muncul gejolak di lapangan dengan revisi penerima bantuan itu. Sebab justru akan menjadi tepat sasaran, dalam artian tidak akan ada double penerima. 
Sementara untuk penerima non DTKS, yang akan diberikan melalui bantuan Pemprov Jabar, menurutnya setelah dievaluasi akan ada pengurangan sekitar 2000-an penerima. 
Namun menurutnya tidak mentup kemungkinan, masyarakat bisa melaporkan jika ada warga yang layak menerima bantuan namun terlewat, bisa melalui PIKOBAR atau aplikasi SAPA WARGA. 
"Kami juga mengapresiasi warga yang aktif mengembalikan bantuan karena sudah menerima bantuan. sudah seharusnya seperti itu agar tidak double dan bisa untuk yang lain," tambah Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Daud Ahmad.**ts