Via Online, SMKN 1 Cilamaya Sudah Terima 60 Calon Siswa Baru Secara Online

Iklan Semua Halaman

Loading...

Via Online, SMKN 1 Cilamaya Sudah Terima 60 Calon Siswa Baru Secara Online

Redaksi
Wednesday, June 10, 2020
Disaat SMA/SMK swasta sudah menutup pendaftaran lebih dulu, SMA/SMK berstatus negeri baru membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online pada Senin (8/6) kemarin. Para lulusan SMP yang dikoordinir operator asal sekolahnya, memfasilitasi pendaftaran jenjang SMA/SMK tujuan yang dipilih para siswa dan alternatifnya, Salah satunya di SMKN 1 Cilamaya. Baru tiga hari buka, Sekolah yang membuka 11 Rombongan Belajar (Rombel) dengan 5 kompetensi keahlian berbasis ketarunaan ini, sudah menerima calon siswa baru sebanyak 60 orang secara online, baik melalui link sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id dari asal sekolah, maupun pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id untuk calon siswa pendaftar mandiri. 

Panitia PPDB Online SMKN 1 Cilamaya, Mashanudin mengatakan, dari 11 rombel, baru tiga hari terakhir buka, pihaknya sudah menerima 60 calon siswa baru yang daftar via online. Dengan menawarkan sekolak berbasis ketarunaan, SMKN 1 Cilamaya ini membuka pendaftar di lima program kompetensi keahlian, yaitu Agribisnis Perikanan Air Tawar, Agribisnis Pengelohan Hasil Perikanan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Permesinan. Dari lima program itu, agribisnis perikanan dan pengolahannya, mulai banyak diminati siswa baru dan orangtua/wali muridnya. Ini, sebutnya, baru tahap pertama yang dibuka mulai tanggal 8 sampai 12 Juni tahap pertama. "Meskipun via online, panitia juga stand by di sekolah untuk menerima masyarakat atau orangtua siswa yang hendak konsultasi cara pendaftaran maupun prosedurnya, " Katanya. 


Kepala SMKN 1 Cilamaya, Hj Mutia Purnamawati M.pd mengatakan, tahap perta pendaftaran dibuka pada Senin 8 - 12 Juni yang terdiri dari jalur afirmasi, KETM, Jalur Prestasi Nilai Raport Unggulan Industri, Jalur Prestasi kejuaraan (non akademik) dan pengumuman kelulusannya pada 20 Juni. Sementara Tahap 2 pendaftaran, di mulai tanggal 25 Juni - 1 Juli yaitu calon siswa kategori prestasi nilai raport dan umum. Pendaftaran sendiri, sebutnya, dilakukan via online melalui sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id dari asal sekolah, kemudian pendaftar mandiri bisa masuk ke pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Namun demikian, diakuinya, belum semua masyarakat dan siswa tahu cara mendaftar, utamanya yang tidak seluruhnya di daftarkan operator SMP, maka pihak sekolah membuka wadah konsultasi bagi orang tua/wali siswa baru, baik melalui jejaring sosial maupun datang langsung ke panitia di sekolah, tentunya sebut Mutia dengan memperhatikan protokol kesehatan, seperti wajib masker, cheking suhu tubuh hingga jaga jarak saat konsultasi. Karena, bagi lulusan siswa dari pesantren luar Jawa Barat, maupun Paket B, ini sesekali harus difasilitasi pendaftarannya oleh pihak panitia yang datang ke SMK. "Kita buka pendaftaran online, tapi bagi lulusan sekolah pesantren luar daerah maupun paket B misalnya, kita fasilitasi cara pendaftaran onlinenya melalu wadah konsultasi, " Pungkasnya. (Rd)