Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia secara kumulatif per Kamis (30/7) mencapai 106.336 kasus. Data tersebut diakses melalui situs covid19.go.id hingga pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, dari jumlah kasus positif tersebut terdapat total 64.292 dinyatakan sembuh dan 5.058 meninggal dunia. Sedangkan jumlah suspek ada 53.723 orang.
Foto : Ilustrasi

Sehari sebelumnya, Rabu (29/7), jumlah kasus positif mencapai 104.432 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 64.138 orang dinyatakan sembuh, dan 4.975 orang meninggal dunia.

Menyambut gelaran Iduladha 1441 Hijriah besok, Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan protokol kesehatan adalah harga mati yang harus diterapkan oleh masyarakat.
Ia meminta masyarakat untuk menerapkan disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah Iduladha guna mencegah penularan covid-19.

"Saya ingin kembali mengingatkan bahwa selama pandemi masih berlangsung maka pelaksanaan protokol kesehatan adalah harga mati. Kita harus berdisiplin untuk menjaga diri, dengan mengikuti protokol kesehatan," kata Doni di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (30/7).

Sementara itu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta daging hewan kurban yang disembelih saat Iduladha turut dibagikan ke orang-orang yang terdampak krisis akibat pandemi virus corona.
Fachrul menjelaskan pandemi Covid-19 membuat perekonomian sebagian besar masyarakat terdampak. Ia berharap daging hewan kurban dapat bermanfaat untuk konsumsi dan ketahanan gizi masyarakat di masa pandemi.
"Kali ini karena seluruh masyarakat sedang susah akibat terdampak Covid-19, sebaiknya sebanyak mungkin daging kurban kita salurkan kepada fakir miskin dan masyarakat terdampak," kata Fachrul dalam jumpa pers yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Kamis (30/7).**