Kasus positif virus corona di Indonesia bertambah lagi hari ini sehingga total menjadi 76.981 kasus hingga Senin (13/7). Dari jumlah tersebut, 36.689 di antaranya telah sembuh dan 3.656 meninggal dunia.

Angka tersebut dihimpun gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 selama 24 jam hingga pukul 12.00 WIB siang ini.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif 1.282 orang, sehingga totalnya menjadi 76.981 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (13/7).

Untuk penambahanan pasien sembuh hari ini, Yurianto mengatakan ada 1.051 orang sementara yang meninggal bertambah 50 orang.

Achmad Yurianto menegaskan bahwa penularan virus corona masih terjadi, sehingga masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain senantiasa memakai masker, menjauhi keramaian, dan rajin mencuci tangan. Dia berharap masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan agar laju penularan virus corona benar-benar bisa ditekan.

Yurianto juga menyarankan masyarakat untuk menyertakan sirkulasi udara yang baik di ruangan yang digunakan untuk beraktivitas. Dia juga menyarankan agar jendela dibuka setiap pagi.Terlebih, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan informasi baru bahwa mikro droplet virus corona bisa bertahan di udara. Tingkat penularan bisa semakin tinggi andai masyarakat tidak memakai masker.**